Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Papua siapkan pemandu wisata profesional
  • Rabu, 27 September 2017 — 16:31
  • 932x views

Papua siapkan pemandu wisata profesional

Mereka dilatih menjalankan pofesi khusus pemandu para turis dan menjadi garda paling depan dalam memberikan informasi kepariwisataan di bumi Cenderawasih.
Para peserta pelatihan pemandu wisata yang digelar Dinas Pariwisata Papua, pada Rabu (27/9/2017) - Jubi/Alexander Loen
Alexander Loen
Editor :
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menyiapkan pemandu wisata profesional dengan cara menggelar pelatihan dasar pengembangan sumber daya manusia kepemanduan pariwisata. Kegiatan  dilaksanakan Dinas Pariwisata itu melibatkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Mereka dilatih menjalankan pofesi khusus pemandu para turis dan menjadi garda paling depan dalam memberikan informasi kepariwisataan di bumi Cenderawasih.

“Jadi pemandu wisata harus miliki legalitas kompetensi,” kata Staf Ahli Gubernur Papua, Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ani Rumbiak, saat membuka pelatihan pemandu wisata, di Jayapura, Rabu (27/9/2017).

Menurut Ani, potensi  Papua yang dihuni lebih dari 250 suku dengan beragam budaya dan bahasa, termasuk  sumber daya alam, pegunungan, sungai, danau, dan pantai menjadi alasan menciptakan pemandu profesional .

“Pemandu wisata harus paham budaya dan bahasa Papua maupun global, karena itu merupakan modal menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Papua,” ujar Ani menjelaskan.

Disamping itu, kata Ani, pemandu wisata juga harus bisa memberikan jaminan keselamatan kepada wisatawan, sehingga  membutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar profesional dan punya dampak positif terhadap pendapatan asli daerah.

Ketua Panitia pelatihan pemandu wisata, Dinas Pariwisata Provinsi Papua, Hans B. Menanti, menyatakan pelaksanaan pelatihan untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah kegiatan dekonsentrasi yang dilaksanakan di daerah. “Dan memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai kepemanduan pariwisata,” kata Hans.

Menurut dia pelatihan itu diikuti 200 orang, dilaksanakan selama satu hari melibatkan nara sumber dari kementerian pariwisata dan praktisi pariwisata. Sedangkan pembiayaan dibebankan Dipa-Satker Dinas kebudayaan provinsi Papua tahun anggaran 2017.

“Kami harapkan peserta bisa serius ikut kegiatan ini, sehingga bisa menjadi pemandu wisata yang profesional,” katanya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Penerimaan CPNS Papua masih menunggu Menpan

Selanjutnya

Gubernur Papua siapkan dua plt kepala SKPD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe