Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Nabire akan miliki SMA unggulan
  • Rabu, 27 September 2017 — 19:21
  • 981x views

Nabire akan miliki SMA unggulan

"Rencana pembangunan sekolah tersebut diperoleh melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), dan Dinas Pendidikan Provinsi Papua yang telah memprogramkan SMA unggulan di Nabire," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Viktor Tebai, ketika ditemui Jubi, Rabu (27/9/17).
Tim dari Bapenas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire saat meninjau lokasi pembangunan SMA unggulan - Jubi/Dok Dinas Pendidikan Nabire.
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi - Kabupaten Nabire tidak lama lagi akan memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) unggulan, berpola asrama untuk menampung anak-anak dari wilayah Meepago. Lokasinya direncanakan dibangun di Kampung Nusantara Kimi, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire.

"Rencana pembangunan sekolah tersebut diperoleh melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), dan Dinas Pendidikan Provinsi Papua yang telah memprogramkan SMA unggulan di Nabire," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Viktor Tebai, ketika ditemui Jubi, Rabu (27/9/17).

Dikatakan Viktor, dipilihnya Nabire karena letaknya strategis dan akan menjadi pusat pendidikan di wilayah Meepago nantinya.

"Sasarannya adalah Kabupaten Intan Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiyai serta Nabire. Kami akan menyurati kabupaten di sekitar agar menyiapkan anak-anak yang berprestasi, supaya ditampung di kelas khusus ketika sekolah. Nantinya bisa dikirim ke SMA unggulan bila sudah menamatkan pendidikan di SMP," ujarnya.

Menurut Tebai, rencanannya sekolah tersebut akan dibangun selama dua tahun pada 2018 dan 2019.

"Biaya pembangunan yang digunakan dari pusat, kita di daerah harus mendukung. Tahun mendatang sudah bisa menerima murid baru. Semua fasilitas lengkap, memiliki Ruang Kegiatan Belajar (RKB) dan dilengkapi asrama, laboratorium, sarana olah raga, balai pelatihan dan kursus," katanya

Untuk itu menurut Tebai, pihaknya mengajak dan sangat mengharapkan kepada orang tua murid, untuk menyiapkan anak-anaknya belajar dengan tekun supaya bisa berprestasi. 

"Orang tua harus membimbing anak-anak mereka, agar bisa masuk pada sekolah tersebut, sebab kriteria utama masuk ke sana harus berprestasi," imbaunya.

Sementara tokoh masyarakat Kimi yang juga sebagai pemilik hak tanah ulayat, Petrus Marey, mengatakan lokasi pembangunan sekolah berasal dari lahan milik keluarga Yap Marey (alm).

"Ayah saya sebagai pemilik hak ulayat sebesar 10 hektare memberikan lokasi tersebut. Harapannya dengan hadirnya SMA unggulan di wilayah Meepago, dapat menciptakan anak-anak Papua yang berwawasan luas, beriman serta berakhlak mulia dalam membangun Papua ke arah yang lebih baik," harapnya. (*)

Sebelumnya

BPBD dan Basarnas Nabire dilatih psikologi pascabencana

Selanjutnya

I Wayan: DDDT penting guna pembangunan berwawasan lingkungan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe