Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Masyarakat harus tahu jam membuang sampah
  • Kamis, 28 September 2017 — 15:04
  • 394x views

Masyarakat harus tahu jam membuang sampah

Warga kota Sentani dan sekitarnya mulai mematuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah setempat terkait waktu membuang sampah. Di beberapa telah dipasang papan informasi yang berisi waktu dan tempat membuang sampah. Warga hanya boleh membuang sampah di tempat-tempat tertentu dan mulai pukul tujuh malam hingga pukul lima pagi hari berikutnya.
Papan peringatan terkait aturan membuang sampah yang dipasang di samping SD Bonaventura Sentani – Jubi/Yance Wenda
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi – Warga kota Sentani dan sekitarnya mulai mematuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah setempat terkait waktu membuang sampah. Di beberapa telah dipasang papan informasi yang berisi waktu dan tempat membuang sampah. Warga hanya boleh membuang sampah di tempat-tempat tertentu dan mulai pukul tujuh malam hingga pukul lima pagi hari berikutnya.

Pantauan Jubi, Rabu (27/9/2017), sekitar pukul 11 malam, di tempat pembuangan sampah di pasar lama Sentani, terlihat masyarakat mengangkut sampah dengan mengunakan motor dan mobil. Mereka tampak tertib membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Namun sebagian warga kota Sentani belum mau membuang sampah di tempat penampungan sampah sementara yang sudah disediakan oleh dinas terkait. Masih banyak warga yang membiarkan sampah-sampah di depan mata jalan atau di kali Pos VII dan kali Toladan, yang ujung-ujungnya akan berdampak bagi warga yang tinggal di sekitar danau Sentani.

Seorang warga Sentani, Yono, yang malam itu hendak membuang sampah di pembuangan sampah di pasar lama Sentani, memberikan komentar.

“Sudah ada peraturan jam buang sampah. Begini itu bagus, jadi teratur dalam buang sampah. Tidak seperti kemarin-kemarin, buang sampah sembarang,” katanya.

Yono menambahkan, walau sudah terpasang imbauan untuk membuang sampah pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan namun masih banyak warga yang tidak mau mematuhi aturan tersebut.

“Ada yang masih buang sampah ke arah jalan Kehiran. Mereka buang di tempat yang tidak terpasang papan informasi ini,” jelas Yono, sambil menunjukkan papan informasi yang berisi aturan waktu membuang sampah.

Yono juga mengatakan warga kota Sentani mestinya bisa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan Pemkab Jayapura terkait tempat dan waktu membuang sampah karena ini bagian dari menjaga kebersihan kota.

“Kita sama-sama to jaga kebersihan kota. Masa petugas saja yang harus bersihkan terus. Buang saja sampah di tempatnya, nanti petugas datang ambil. Kalau buang sembarangan kan kelihatan kota ini kotor,” ucap yono.

Di tempat yang sama, Ronggas Yoman, pemuda yang hari–hari bekerja sebagai pemulung sisa-sisa makanan, mengatakan sebelum ada papan informasi aturan membuang sampah, warga bisa membuang sampah kapan saja dan dimana saja mereka mau. Sekarang sudah lebih teratur.

“Sekarang itu sampah buang di jam-jam tertentu. Jadi petugas datang ambil sampah itu sesuai jam yang ditentukan juga,” ucapnya.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura mengeluarkan peringatan bahwa masyarakat hanya diperbolehkan membuang sampah di tempat-tempat tertentu mulai pukul 17.00 hingga 05.00 WIT.  Peringatan ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Perda nomor 03 tahun 2012 tentang penanggulangan sampah. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Ini kata Wali Kota Tommy terkait pasar baru

Selanjutnya

Pemkot Jayapura bentuk forum CSR

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe