Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Kendalikan inflasi, BI gandeng petani cabai
  • Kamis, 28 September 2017 — 16:23
  • 290x views

Kendalikan inflasi, BI gandeng petani cabai

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua menggandeng kelompok tani petani cabai bersama Dinas Pertanian kabupaten Keerom. Kerjasama tentang Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan Komoditas Cabai di Kabupaten Keerom didasarkan pemikiran cabai merupakan komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Papua.
Penyerahan bantuan sarana dan prasarana oleh BI demi Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan Komoditas Cabai di Kabupaten Keerom – Dok. Bank Indonesia 
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua menggandeng kelompok tani petani cabai bersama Dinas Pertanian kabupaten Keerom. Kerjasama tentang Pengembangan Klaster Ketahanan Pangan Komoditas Cabai di Kabupaten Keerom didasarkan pemikiran cabai merupakan komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Papua. Kadang harganya naik tinggi melampaui batas. 

"Untuk itu BI merasa perlu membantu kelompok tani mengembangkan budidaya cabai agar produktivitasnya naik dan pasokannya lancar,” ujar Kepala Perwakilan BI Papua, Joko Supratikto, melalui rilis pers yang dikirimkan ke Jubi, Rabu (27/9/2017).

Selama ini cabai merupakan komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Papua. Oleh sebab itu BI memberikan bantuan alat kepada kelompok tani cabai Tani Makmur berupa 1 unit hand tractor, 7 buah hand sprayer, 7 buah mulsa, 7 buah sekop, dan 7 buah cangkul. 

Joko menambahkan tidak hanya bantuan fisik seperti alat saja, ke depan BI merencanakan untuk juga memberikan bantuan teknis dan pelatihan-pelatihan agar metode budidayanya semakin baik, bisa menyusun pembukuan, dan agar kelompok tani mempunyai jiwa entrepreneurship

Koordinator Kelompok Tani Makmur Dangak, Mat Saleh, berterima kasih atas bantuan sarana dan prasarana dari BI.

“Terima kasih kepada BI yang bersedia membantu petani. Semoga dengan bantuan pertanian ini bisa meningkatkan produksi cabai kami," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Keerom, Yudha Ansaka, sangat mendukung program yang dijalankan BI karena secara nyata bisa dirasakan para petani.

"Dengan ini Bank Indonesia yang sudah memperhatikan kesejahteraan para petani. BI kasih bantuan dan pembinaan kepada kelompok tani cabai ini merupakan yang kedua karena sebelumnya BI juga telah membina kelompok tani bawang merah di Keerom,” ucap Yudha Ansaka. (*) 

Sebelumnya

GATF dukung pengembangan pariwisata nasional

Selanjutnya

Minim pembeli, puluhan pedagang pasar Inpres Dok IX mengadu ke Wali Kota 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe