Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Aktivis Papua bakal putar film G30.S
  • Kamis, 28 September 2017 — 22:49
  • 1267x views

Aktivis Papua bakal putar film G30.S

Film yang mengangkat peristiwa 1965 itu bertepatan empat tahun sebelum Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969.
Logo Gerakan Mahasiswa Pemuda dan Rakyat Papua (GEMPAR/PAPUA) - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Papua (GEMPAR) bakal menonton dan mendiskusikan film G30S, sebagai salah satu catatan kisah kelam yang menimpa di tanah air. Film yang mengangkat peristiwa 1965 itu bertepatan empat tahun sebelum Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969.

“Dalam konteks Papua, film yang diklaim pemberontakan itu terjadi empat tahun sebelum Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) 1969 di Irian Jaya sekarang Papua,” kata Sekertaris Jendral Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Papua (GEMPAR), Yason Ngelia, dalam siaran pers yang terima oleh, Jubi Kamis, (28/9/2017).

 Yason menyebutkan peristiwa itu terjadi saat klaim hukum Indonesia atas Papua belum final. “Sebab hanya PEPERA yang mensahkan Papua bagian dari Republik Indonesia,” kata Yason, menambahkan.

Pemutaran film dan diksusi itu akan dikaitkan dengan kisah Papua yang punya masa lalu kekerasan dan pelanggaran HAM berat dilakukan oleh pemerintah dalam rangka perebutan Papua dari Belanda. Ia menyebutkan, perebutan itu melalui berbagai operasi militer menyapu bersih perkampungan dan masyarakat Papua.

 “Persamaan antara peristiwa 65 yang kami putar filmnya adanya pelanggaran HAM. Termasuk di Papua adalah kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh negara melalui militer,” kata Yason menjelaskan.

Kajian film itu akan mejadi bukti baik orang yang dianggap pemberontak pada tahun 1965 oleh negara, sama-sama masih menunggu sikap negara bertanggung jawab.

Koordinator Pemutaran film, Sipay Siep, mengatakan pemutaran film di beberapa tempat, meliputi Kota Jayapura, Manokwari, dan Merauke.

“Kota Jayapura GempaR-Papua akan bekerja sama denga kelompok movie maker Papuan Voices Wilayah Jayapura, pemutaran akan dilakukan di lapangan futsal Ekspo Waena,” kata Sipay.

Menurut dia, pemutaran  di Kota Manokwari akan dilakukan di Kantor Dewan Adat Wilayah III Domberay, jalan TMP Manokwari. “Sementara di Kota Merauke, GempaR-Papua Kota Merauke tempatnya belum belum di konfirmasi,” katanya.

Namun ia memastikan  waktu pemutaran dan diskusi, pukul 17.00 hingga 19.00 secara bersamaan. (*)

loading...

Sebelumnya

Pasar baru Yotefa dipastikan sesuai konsep lokal

Selanjutnya

MUKI siap jaga toleransi dan keberagaman di Kota Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe