Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Tiga pulau terluar dalam pengawasan khusus Satpolair Polres Merauke
  • Jumat, 29 September 2017 — 10:03
  • 488x views

Tiga pulau terluar dalam pengawasan khusus Satpolair Polres Merauke

Tiga pulau di kabupaten Merauke yakni pulau Habe, Komolom, dan Kimaam, dalam pengawasan khusus Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres setempat.
Pulau Habe di kampung Wambi, distrik Okaba, kabupaten Merauke yang tak berpenghuni – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Merauke, Jubi - Tiga pulau terluar di kabupaten Merauke yakni pulau Habe, Komolom, dan Kimaam, dalam pengawasan khusus Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan (Kasat) Polair Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sakka, kepada Jubi, Kamis (28/9/2017). 

Dikatakan, dari ketiga pulau tersebut, hanya pulau Habe tak ada penghuninya. Ketiga daerah dimaksud dalam pengawasan khusus pihaknya lantaran dikhawatirkan tak terdeteksi masyarakat, termasuk kapal-kapal yang masuk.

“Ketika patroli, kami mendatangi juga ketiga pulau dimaksud,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya juga melakukan monitoring titik-titik di sepanjang perbatasan RI-PNG sampai Kali Digoel. Dimana, terdapat kurang lebih 70 lokasi yang dihuni masyarakat.

“Saya tidak bisa katakan itu adalah kampung karena jumlahnya tidak banyak. Hanya mereka berkumpul sekaligus tinggal dan melakukan aktivitas mencari ikan maupun lain-lain guna memenuhi hidup keluarga,” katanya.

Hanya saja, jelas dia, banyak persoalan ditemukan, mulai dari anak-anak tak sekolah hingga belum adanya sentuhan pembangunan dari pemerintah.

“Kami terus membangun komunikasi bersama dinas terkait agar memberikan perhatian kepada masyarakat di 70 lokasi tersebut,”ujarnya.

Warga kampung Wambi, Rekianus Samkakai, mengakui pulau Habe belum ada penghuni. Hanya saja setiap hari masyarakat pergi pulang ke pulau itu melakukan aktivitas pencarian ikan. Apalagi sejak bangun Patung Kristus Raja setinggi 29 meter di pulau tersebut, memotivasi warga terus ke sana sekaligus berdoa. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Harga beras naik, sekarang Rp 7.500 per kilogram

Selanjutnya

Bhabinkamtibmas dan babinsa dibekali pengelolaan dana desa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe