Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kunjungan DPR RI disambut aspirasi cabut rekomendasi
  • Jumat, 29 September 2017 — 12:33
  • 584x views

Kunjungan DPR RI disambut aspirasi cabut rekomendasi

Kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Bumi Khena Mbay Umbay dalam rangka klarifikasi langsung persoalan pilkada di kabupaten Jayapura disambut penyampaian aspirasi masyarakat, segera cabut rekomendasi Bawaslu RI yang mendiskualifikasi petahana.
Tuntutan masyarakat yang disampaikan melalui spanduk dan baliho yang dibawa dalam pertemuan dengan Komisi II DPR RI - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Bumi Khena Mbay Umbay dalam rangka klarifikasi langsung persoalan pilkada di kabupaten Jayapura disambut penyampaian aspirasi masyarakat, segera cabut rekomendasi Bawaslu RI yang mendiskualifikasi petahana.

Komisi II DPR RI yang beranggotakan lima orang dan satu komisioner Bawaslu RI , tiba di Bandara Sentani pukul 17.45 WIT, diterima langsung Bupati dan tiga anggota DPR Kabupaten Jayapura. Tim Komisi II langusng diarahkan menuju hotel Sentani Indah guna bertatap muka dengan masyarakat kabupaten Jayapura dari unsur adat, perempuan, pemuda, dan paguyuban Nusantara, yang sudah menunggu sejak siang.

Tiba di hotel Sentani Indah, tim Komisi II DPR RI dan anggota Bawaslu langsung dihadapkan dengan sejumlah tuntutan yang disampaikan masing-masing perwakilan, baik masyarakat adat, perempuan, dan pemuda.

Perwakilan sembilan Dewan Adat Suku (DAS), Calvin Done, dalam tuntutannya menyatakan dua tahap proses pilkada kabupaten Jayapura menurutnya sudah berjalan dengan baik dan aman.

"Dalam pengamatan kami, proses pilkada sudah berjalan baik dan terkendali. Sebagai tokoh masyarakat adat, kami merasa proses ini sudah dianulir oleh kepentingan oknum tertentu yang mengingikan pertikaian di daerah ini. Sesungguhnya hasil yang diberikan dari hak suara semua masyarakat di daerah sudah kami ketahui. Pilkada dimenangkan pasangan Mathius Awoitauw dan Giri Wijiyantoro. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kepada Komisi II DPR RI agar mencermati persoalan ini dengan seksama serta tidak merugikan hak rakyat yang telah diberikan dalam proses demokrasi di daerah ini," kata Calvin Done, di hotel Sentani Indah, Kamis (28/9/217).

Unsur perempuan yang diwakili Dorince Mehue minta rekomendasi Bawaslu RI yang dikeluarkan pada 21 September 2017 segera ditarik kembali. Menurut perempuan yang paling vokal di daerah ini, proses pilkada sudah final.

"Kami tidak ingin ada konflik di daerah ini. Pilkada sudah selesai. Anggota Komisi II yang hadir hari ini tolong sampaikan harapan kami seluruh masyarakat di kabupaten Jayapura agar segera mencabut rekomendasi Bawaslu RI," ungkapnya.

Merespon tuntutan itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Budi Utomo, menyampaikan pihaknya akan memperjuangkan aspirasi tersebut lewat rapat-rapat di Komisi II.

"Setelah kami menerima aspirasi ini, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, akan memanggil para pihak untuk memberikan penjelasan terkait polemik pilkada kabupatyen Jayapura," tukasnya.

Budi Utomo menyebut para pihak yang akan dipanggil untuk dimintai penjelasan yakni KPU RI, Bawaslu RI, Kementerian Dalam Negeri, dan Gubernur Papua serta sejumlah pihak lainnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Papua Barat, politisi PDI Perjuangan, Jimmy Demianus Ijie, menuturkan polemik yang berkembang harus diselesaikan supaya pembangunan daerah dapat berjalan.

"Untuk sesuatu yang benar kami akan memperjuangkan sepanjang itu tidak menentang semangat kebangsaan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Bagi kami, kepentingan rakyat adalah di atas segalanya," tandasnya.

Jimmy minta para pihak yang akan dipanggil rapat Komisi II DPR RI agar memenuhinya demi terciptanya situasi pemerintahan yang stabil bagi pembangunan daerah. (*)

 

Sebelumnya

Jaringan telekomunikasi jangkau 85 persen wilayah kabupaten Jayapura

Selanjutnya

Penyebar hoax di sosmed harus ditindak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe