Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Forum SIPD diminta sajikan data akurat
  • Jumat, 29 September 2017 — 16:57
  • 1086x views

Forum SIPD diminta sajikan data akurat

Data itu sangat penting sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan.
Pembukaan rapat koordinasi forum sistem informasi pembangunan daerah, yang dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty, pada Jumat (29/9/2017) - Jubi/Alexander Loen
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua meminta forum Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) di wilayahnya mampu menyajikan data dan informasi yang akurat. Data itu sangat penting sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan.

“Tentu akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi karena menggunakan ukuran atau indikator yang sama,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Papua, Elia Loupatty, saat Rakor forum sistem informasi pembangunan daerah, Jumat (29/9/2017).

Menurut Elia, sulitnya pengelolan data dan informasi akan menjadi masalah proses perencanaan pembangunan daerah. Padahal, saat ini diperlukan perencanaan secara tepat, cepat sesuai dinamika yang berkembang di daerah maupun pusat.

“Proses perencanaan yang baik dan komprehensif merupakan titik penting berhasilnya pembangunan,” kata Elia menjelaskan..

Catatanya menunjukan perkembangan konsep SIPD telah beberapa kali perubah. Salah satu kondisi sekarang yang lebih fokus pada data untuk perencanaan pembangunan daerah  berbasis urusan.

"Untuk itu paradigma kita yang selama ini menganggap data dan informasi hanya sebagai pendukung pelaksanaan pembangunan hendaknya direkonstruksi,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad menginginkan hanya ada satu data untuk pembangunan Papua. “Kalau bisa hanya ada one gate sistem atau satu data untuk pembangunan,” kata Musa'ad.

Sistem itu dinilai memudahkan penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan lebih tepat sasaran dan terarah.

Ia menilai perbedaan data antar kedua lembaga sering  menyebabkan keraguan bagi pengguna. “Serta muncul  keraguan hingga praduga tidak adanya koordinasi harmonis antara kedua instansi pemerintah,” katanya. (*)

Sebelumnya

KPU minta Pemprov Papua jelaskan pemotongan anggaran

Selanjutnya

Pembangunan Papua diekspose dalam bentuk visual

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe