Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Tugu Nol Km Merauke-Sabang dikelola masyarakat adat Kanume
  • Minggu, 01 Oktober 2017 — 15:27
  • 709x views

Tugu Nol Km Merauke-Sabang dikelola masyarakat adat Kanume

Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang yang dibangun di Sota, perbatasan RI-PNG, oleh kelompok motor yang tergabung dalam Kandara Scuter Motor Club (KSC), akan diserahkan kepada suku Kanume (masyarakat lokal di Sota) untuk mengelolanya.
Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang yang sedang dirampungkan pembangunannya – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Merauke, Jubi - Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang yang dibangun di Sota, perbatasan RI-PNG, oleh kelompok motor yang tergabung dalam Kandara Scuter Motor Club (KSC), akan diserahkan kepada suku Kanume (masyarakat lokal di Sota) untuk mengelolanya.

Ketua KSC Merauke, Slamet Riyadi, saat ditemui Jubi, Sabtu (30/9/2017), menjelaskan pembangunan tugu sudah dirampungkan. Tinggal beberapa pekerjaan lain yang sedang diselesaikan seperti pagar keliling, tempat duduk di dalam area tugu, pembangunan honai, perbaikan WC sekaligus pemasangan mesin pompa air.

“Itu dengan tujuan agar mereka yang berkunjung di tugu dan hendak ke WC tak kesulitan air. Begitu juga honai supaya orang dapat istirahat,” ungkapnya.

“Kami juga akan membangun pos tiket di depan dengan tujuan ada penjaganya sekaligus bisa memungut retribusi. Dana retribusi yang dipungut juga untuk merawat serta memelihara tugu setiap hari,” katanya menambahkan.

Slamet mengaku pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PLN untuk dipasang meteran di area tugu. Sehingga malam lampu tetap menyala sekaligus memberikan kesempatan kepada siapa saja menikmati suasana malam di daerah perbatasan.

Untuk penyelesaian sejumlah item pekerjana dimaksud, pihaknya mendapat dukungan dana dari PT Semen Indonesia (Semen Tonasa).

“Sesuai RAB yang kami usulkan senilai Rp 116 juta, disetujui semua,” tuturnya.

Bantuan dana yang diberikan, katanya, tidak sekaligus diterima tetapi disesuaikan pekerjaan yang sedang dijalankan.

Sesepuh KSC Merauke, Romanus Mbaraka, menambahkan pihaknya selalu melakukan kontrol terhadap pekerjaan yang sedang dirampungkan.

“Rencananya akhir September sudah rampung, namun ada beberapa kendala teknis. Sehingga sedang dalam proses penyelesaian. Dalam beberapa hari ke depan, semua sudah dapat dirampungkan,” tuturnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Paroki Bambu Pemali gelar lomba baca kitab suci

Selanjutnya

Kapolres Boven Digoel tegaskan komitmen tak izinkan judi roleks

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe