Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pembangunan berlandaskan Pancasila wujud kemerdekaan bangsa
  • Senin, 02 Oktober 2017 — 11:32
  • 700x views

Pembangunan berlandaskan Pancasila wujud kemerdekaan bangsa

Peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017, baru dilaksanakan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura pada hari Senin (2/10/2017). Upacara dilaksanakan di lapangan upacara Gunung Merah Sentani. Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Jayapura, dengan peserta upacara perwakilan TNI, Polri, mahsiswa/pelajar dan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Jayapura. Turut hadir dalam upacara tersebut sejumlah tamu undangan serta Muspida kabupaten Jayapura.
Suasana peringatan hari Kesaktian Pancasila dalam upacara bendera yang dilaksanakan di halaman upacara Gunung Merah Sentani  -  Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi – Peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017, baru dilaksanakan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura pada hari Senin (2/10/2017). Upacara dilaksanakan di lapangan upacara Gunung Merah Sentani. Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Jayapura, dengan peserta upacara perwakilan TNI, Polri, mahsiswa/pelajar dan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Jayapura. Turut hadir dalam upacara tersebut sejumlah tamu undangan serta Muspida kabupaten Jayapura.

Upacara hari Kesaktian Pancasila di kabupaten Jayapura mengambil tema ‘Kerja bersama dengan berlandaskan Pancasila mewujudkan masyarakat adil dan makmur’ berjalan lancar dari awal sampai selesai.

Kapolres Jayapura, AKPB Gustaf Urbinas, usai upacara mengatakan harapan para pendahulu dan pahlawan bangsa adalah melanjutkan dan mengisi kemerdekaan yang sudah dicapai puluhan tahun ini dengan mendukung semua program nasional dari pusat hingga ke daerah.

"Pancasila sebagai dasar negara harus dijunjung tinggi serta diaplikasikan dalam kehidupan kita sebagai warga negara. Turut mendukung semua pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dari pusat hingga tingkat provinsi dan kabupaten," jelas AKBP Gustaf Urbinas, di lapangan upacara Gunung Merah Sentani, Senin (2/10/2017).

Gustaf menjelaskan arus globalisasi dengan sistem informasi dan teknologi yang makin maju senantiasa akan merongrong cara pandang kita dalam aktivitas kehidupan bermasyarakat. Kendati demikian nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar tetap harus dijunjung tinggi sehingga kita tidak mudah terbawa arus globalisasi.

"Perkemabangan jaman akan terus mengalami perubahan, tetapi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak akan berubah," ujarnya.

Terpisah, Wakil Ketua II DPR Kabupaten Jayapura,  Kornelis Yanuaring, mengatakan lima sila sebagai dasar dalam Pancasila sangat sakti bagi kehidupan masyarakat.

"Kadang kita manusia dalam aktivitas sehari-hari melewati batas dari apa yang telah diharuskan dalam Pancasila. Apabila dikaitkan dengan sejumlah peristiwa penting yang terjadi belakangan ini seperti kerusuhan, pertikaian antaretnis, agama, dan korupsi yang mengakibatkan gagalnya roda pemerintahan daerah adalah bagian dari kurang pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. Kita berharap agar semua warga negara Indonesia perlu kembali menghafal dan menghayati lima sila dalam Pancasila," ungkapnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sagu, pangan lokal yang penting bagi masyarakat Papua 

Selanjutnya

Bupati Jayapura: Jalankan roda pemerintahan, ikuti perkembangan zaman

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe