Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kota Jayapura berjuluk Kota Pelajar, menjadi sarang kriminal
  • Selasa, 03 Oktober 2017 — 18:03
  • 453x views

Kota Jayapura berjuluk Kota Pelajar, menjadi sarang kriminal

"Belakangan ini hampir setiap hari terjadi kasus kriminal di Kota Jayapura. Kota ini sudah rawan. Sebaiknya polisi melakukan langkah-langkah, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Emus kepada Jubi, Selasa (3/10/2017).
Ilustrasi permukiman penduduk di Kota Jayapura - Jubi/Arjuna 
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Legislator Papua, Emus Gwijangge, mengatakan Kota Jayapura merupakan kota pelajar dan kota akademisi, bukan kota kriminal.

Hal ini dikatakan anggota Komisi I yang membidangi keamanan, hukum dan HAM itu terkait berbagai aksi kriminal di Kota Jayapura belakang ini, di antaranya pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan, dan penjambretan.

"Belakangan ini hampir setiap hari terjadi kasus kriminal di Kota Jayapura. Kota ini sudah rawan. Sebaiknya polisi melakukan langkah-langkah, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Emus kepada Jubi, Selasa (3/10/2017).

Menurutnya, perlu ada patroli rutin setiap saat, terutama di daerah yang dianggap rawan. Namun ini bukan hanya tugas polisi, tapi semua elemen masyarakat.

"Aktifkan kembali pos keamanan lingkungan (pos kamling). Kota Jayapura ini, ibu kota provinsi, barometer di Papua. Tapi kini marak pencurian, narkoba, jambret dan lainnya," ujarnya. 

Katanya, kepolisian dan pemerintah setempat jangan membiarkan warga Kota Jayapura resah, merasa tidak aman dan nyaman lagi.

"Kalau perlu Satpol PP juga dilibatkan melakukan patroli. Di kota ini banyak orang-orang tidak jelas, tidak memiliki identitas kependudukan," katanya.

Perwira Hubungan Masyarakat (Paur Humas) Polres Jayapura Kota, Inspektur Satu (Iptu) Jahja Rumra mengatakan, pihaknya tidak tinggal diam dengan kondisi di Kota Jayapura kini.

"Untuk curanmor, sudah dibentuk namanya Tim Kalong. Tim ini melakukan patroli pada pukul 23.00 WIT-05.00 WIT," kata Jahja kepada Jubi.

Menurutnya, beberapa kali anggota polisi yang melakukan patroli mendapati kendaraan roda dua yang dicurigai. 

"Kemudian diberhentikan, dibawa, dicek dan ternyata hasil curian. Kemudian diserahkan kembali kepada pemiliknya. Kemarin ada sekitar 10 motor yang dikembalikan lagi kepada pemiliknya," ujarnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

SK MRP tak kunjung terbit, disinyalir ada unsur politik

Selanjutnya

Legislator ingatkan non-Papua tidak memonopoli semua sektor

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe