Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Empat PKBM di kabupaten Jayapura siap ikut UNBK
  • Kamis, 05 Oktober 2017 — 13:53
  • 478x views

Empat PKBM di kabupaten Jayapura siap ikut UNBK

Menjelang ujian berbasis komputer (UNBK) yang akan di lakukan pada tingkat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang rencana akan berlangsung bulan Oktober, empat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di kabupaten Jayapura melakukan simulasi guna mematangkan kesiapan warga belajar untuk mengoprasikan komputer. Simulasi dilakukan di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sentani selama tiga hari, 1-3 Oktober.
Seorang warga belajar saat mengoprasikan komputer dalam simulasi UNBK di SMKN 1 Sentani - Jubi/Yance Wenda 
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Menjelang ujian berbasis komputer (UNBK) yang akan di lakukan pada tingkat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang rencana akan berlangsung bulan Oktober, empat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di kabupaten Jayapura melakukan simulasi guna mematangkan kesiapan warga belajar untuk mengoprasikan komputer. Simulasi dilakukan di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sentani selama tiga hari, 1-3 Oktober.

“Simulasi ini sesuai dengan intruksi dari pusat agar warga belajar siap saat menghadapi ujian yang sebenarnya. UNBK akan dilaksanakan tanggal 10-12 Oktober. Ini diibaratkan seperti petandingan, kalau mau bertanding harus latihan dulu. Sangat rugi bagi warga belajar yang tidak hadir simulasi,” kata Ketua PKBM Dabohaley, Jonathan Ongge, kepada Jubi, Selasa (3/10/2017).

Jonathan menjelaskan peserta UNBK dari PKBM Dabohaley, untuk paket B sebanyak 24 orang dan paket  C ada 18 orang.

“Ada beberapa orang yang tidak hadir walaupun kami sudah kontak dan datangi rumahnya pagi tadi. Mereka tidak datang mungkin karena tidak ada kemauan,” katanya.

Jonathan  mengatakan selama simulasi warga belajar diajarkan bagaimana menggunakan computer seperti cara memegang mouse, mengerakkan kursor, mengklik, dan menyimpan.

“Saya melihat kemauan mereka untuk belajar sangat luar biasa. Mereka belajar serius. Setelah saya tanya ke peserta belajar, mereka bilang sudah bisa dan siap menghadapi ujian,” tuturnya.

Ongge menjelaskan, peserta warga belajar tidak hanya remaja namun ada juga orang tua yang mata mulai kabur namun niatnya belajar masih sangat kuar dan mau ikut simulasi.

Ongge menambahkan ada dua PKBMdi kabupaten Jayapura yang diberi kesempatan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua untuk melakukan simulasi di SMKN 1 Sentani, yakni PKBM Dabohaley dan PKBM Aura Anugra Dobonsol. Dua PKBM lain melakukan simulasi di tempat terpisah.

Yanet Dina, warga belajar di PKBM Dabohaley, mengatakan memang terasa berat di awal mengoperasikan komputer. Namun baginya tidak masalah. Kepada Jubi Yanet mengatakan siap mengikuti UNBK.

"Saya sudah biasa mengoperasikan komputer namun waktunya yang agak berat karena 1 jam lebih tentu cukup menegangkan," jelasnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sambut HUT ke 24, SMA Negeri 3 Buper gelar berbagai kegiatan

Selanjutnya

SMA Negeri 3 Buper Waena panen prestasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe