Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Program Kaserata masuk tahap kedua di distrik Yokari 
  • Jumat, 06 Oktober 2017 — 18:42
  • 572x views

Program Kaserata masuk tahap kedua di distrik Yokari 

Program Kampung Sehat Rakyat Sejahtera (Kaserata) yang diangkat Pemerintah Jayapura melalui Pemerintah distrik Yokari beberapa waktu lalu, kini memasuki tahap kedua. Program yang dilaksanakan adalah karantina semua hewan piaraan yang masih berkeliaran di areal kampung serta penertiban peredaran miras.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat mencanangkan program Kaserata di distrik Yokari beberapa waktu lalu -Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Program Kampung Sehat Rakyat Sejahtera (Kaserata) yang diangkat Pemerintah Jayapura melalui Pemerintah distrik Yokari beberapa waktu lalu, kini memasuki tahap kedua. Program yang dilaksanakan adalah karantina semua hewan piaraan yang masih berkeliaran di areal kampung serta penertiban peredaran miras.

sebelumnya pada tahap pertama telah dilaksanakan program pemberian kartu sehat, pengobatan massal, serta kaca mata gratis bagi lansia.

Kepala distrik Yokari, Jhohaness Mandowali, mengatakan setelah dicanangkannya program Kaserata di lima kampung dan empat kampung persiapan di distrik Yokari, masyarakat sangat antusias dan mendukung program tersebut.

"Tahap kedua yang sedang kami laksanakan adalah membersihkan kampung dari hewan-hewan liar dan piaraan. Kami mengimbau kepada semua masyarakat di masing-masing kampung untuk membuat kandang bagi hewan piaraannya sehingga tidak berkeliaran kebun tetangga. Karena ini jelas sangat mengganggu keindahan setiap kampung yang sedang ditata menjadi lebih baik, juga rawan menimbulkan konflik antarwarga," jelas Jhohaness Mandowali, saat ditemui di Kantor Bupati Jayapura, Kamis (5/10/2017).

Dijelaskan, dari program Kaserata ini yang paling menjadi perhatian adalah persoalan minuman keras (miras), masalah yang paling ditentang masyarakat adat serta kaum perempuan di semua kampung. Karena dampak miras sangat meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu bersama semua komponen masyarakat sudah sepakat membasmi miras di setiap kampung.

"Selain miras yang sudah kami hentikan peredarannya, fasilitas penunjang lain yang sedang kami upayakan adalah pustu (puskesmas pembantu-Red) di setiap kampung sehingga pelayanan kesehatan dapat terjangkau sampai di tengah masyarakat," ujarnya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan program Kaserata ini merupakan komitmen Pemkab dalam meningkatkan sistem pelayanan supaya bisa menjangkau setiap masyarakat di kampung-kampung.

"Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas kita dalam pembangunan. Salah satunya dalam wujud program Kaserata yang telah kita canangkan di distrik Yokari. Kita berharap ke depannya semua distrik dan kampung akan menerapkan apa yang sudah kita canangkan ini. Karena melalui kesehatan yang baik dan pendidikan yang bermutu maka kesejahteraan masyarakat akan terwujud," kata Bupati Awoitauw. (*) 

 

loading...

Sebelumnya

Juara umum lomba seni, persembahan untuk Bupati Awoitauw di akhir masa jabatannya

Selanjutnya

Sanggar seni Rey May siap tampil di Festival Seni Kreasi Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe