Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Sebanyak 120 siswa SD di kota Jayapura dilatih menjadi dokter kecil 
  • Jumat, 06 Oktober 2017 — 11:27
  • 592x views

Sebanyak 120 siswa SD di kota Jayapura dilatih menjadi dokter kecil 

Sebanyak 120 siswa dari 25 Sekolah Dasar di Kota Jayapura mengikuti pelatihan dokter kecil yang digelar Dinas Kesehatan Kota Jayapura di salah satu aula milik pemerintah, di Abepura, Kamis (5/10/2017). 
Pemberian medical kit kepada para dokter kecil peserta pelatihan - Jubi/Sindung Sukoco
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Sebanyak 120 siswa dari 25 Sekolah Dasar di Kota Jayapura mengikuti pelatihan dokter kecil yang digelar Dinas Kesehatan Kota Jayapura di salah satu aula milik pemerintah, di Abepura, Kamis (5/10/2017). 

Kepala Kesehatan kota Jayapura, Arif Darmanto, mengungkapkan pelatihan dokter kecil ini merupakan program tahunan guna menyediakan fasilitas kesehatan di sekolah khususnya bisa mengatasi pertolongan pertama di lingkungan sekolah. 

“Tak hanya siswa tetapi guru pembimbing juga kita libatkan dalam pelatihan. Pembentukan dokter kecil ini dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan di sekolah. Dalam menjalankan tugas mereka akan selalu didampingi," ujarnya.

Peserta didik atau dokter kecil yang telah dilatih, kata Arif, dapat menularkan ilmu dengan mengadakan penyuluhan kepada teman-temannya tentang pentingnya membiasakan pola hidup sehat. Di samping itu dokter kecil juga bis memberikan pelayanan kepada teman-temannya yang mengalami gangguan kesehatan selama di sekolah.

"Dalam melaksanakan tugasnya, mereka diajak senantiasa bersikap dan berperilaku sehat, sekaligus menggerakkan teman-temannya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap diri masing-masing," terang Arif.

Ia menambahkan para dokter kecil ini membantu guru dan petugas kesehatan berperan aktif dalam berbagai kegiatan peningkatan kesehatan.

“Termasuk membantu program kesehatan rutin melalui puskesmas terdekat dalam rangka Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Unit Kesehatan Gigi (UKG),” lanjutnya.

Kegiatan dokter kecil antara lain membimbing teman melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan, membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan pengamatan kebersihan ruang UKS.

"Termasuk pengamatan dan membimbing promosi kesehatan di lingkungan sekolah seperti halaman sekolah, ruang kelas, persediaan air bersih, tempat cuci tangan, WC, kamar mandi, tempat sampah, dan pemberantasan sarang nyamuk,” lanjutnya. 

Fredy, pembina dokter kecil di SD Padang Bulan, mengungkapkan apresiasinya terhadap pemberian materi kesehatan kepada para siswa. 

“Pengetahuan yang diberikan belum tentu semua kami berikan karena bukan petugas kesehatan. Kami juga minta petugas kesehatan datang tak hanya setahun kali tapi bisa lebih dari satu kali,” ujarnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

SMA Negeri 3 Buper Waena panen prestasi

Selanjutnya

Ketua STTB: Peminat sekolah teologi berkurang, gereja harus kaderkan pemuda

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe