Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Mathius Awoitauw bukan birokrat tulen, mampu selesaikan tugas dengan baik
  • Minggu, 08 Oktober 2017 — 13:43
  • 742x views

Mathius Awoitauw bukan birokrat tulen, mampu selesaikan tugas dengan baik

Masa jabatan Mathius Awoitauw sebagai Bupati Jayapura telah resmi selesai pada 6 Oktober 2017. Mathius yang berlatar-belakang pekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dinilai cukup berhasil melaksanakan tugasnya sebagai Bupati Jayapura, periode 2012-2017.
Mathius Awoitauw sewaktu menjabat sebagai Bupati Jayapura, dalam satu kesempatan kegiatan bersama masyarakat di kampung Hobong - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi - Masa jabatan Mathius Awoitauw sebagai Bupati Jayapura telah resmi selesai pada 6 Oktober 2017. Mathius yang berlatar-belakang pekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dinilai cukup berhasil melaksanakan tugasnya sebagai Bupati Jayapura, periode 2012-2017.

Rekan kerja Mathius di pemerintahan, Jerry F Dien, yang menjabat sebagai Sekda dalam masa kepemimpinannya, mengaku salut dan mengapresiasi kinerja Mathius selama lima tahun ‘menahkodai’ kabupaten Jayapura.

Menurutnya, tidak jarang pemimpin yang dari luar birokrasi atau bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi seorang Bupati dan melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Sudah banyak hal yang dikerjakan seorang Mathius Awoitauw dan itu sejalan dengan visi dan misinya sewaktu menyatakan dirinya untuk menjadi pemimpin daerah ini. Sekalipun latar belakangnya bukan ASN tetapi dia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik," ungkap Jerry F Dien, yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas Bupati Jayapura, di Sentani, Sabtu (7/10/2017).

Dijelaskan, dalam kepemimpinan yang dilaksanakan pasti ada kekurangan tetapi juga kelebihan. Tiga tahun mengemban tanggung-jawab, Bupati Awoitauw harus bekerja sendiri tanpa sang wakil yang pergi mendahului menghadap sang Khalik. Dimasa ini banyak sekali tekanan yang diterima dari pihak luar. Kendati demikian Mathius tetap pada prinsipnya untuk melaksanakan tugas dan tanggung-jawab yang sudah dibebankan di pundaknya.

"Ada banyak masa sulit yang dilewati sebagai pemimpin. Itu sudah menjadi konsekuensi untuk tetap menjaga supaya roda pemerintahan tetap berputar. Di tengah banyaknya tekanan dari pihak luar, Mathius justru mendapat banyak pujian dan penghargaan dari pemerintah pusat serta pihak-pihak lain yang mengapresiasi program pembangunan yang dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya. Hal ini yang patut diapresiasi dari kinerja seorang Mathius Awoitauw," ujar Jerry Dien.

Hal senada juga disampaikan tokoh adat di kabupaten Jayapura, Boaz Enok. Menurutnya, waktu lima tahun menjadi tidak terasa dalam kepemimpinan seseorang yang banyak melakukan terobosan baru serta banyak kepeduliannya kepada masyarakat dalam hal pembangunan.

"Lima tahun adalah waktu yang sangat singkat bagi seorang pemimpin dalam melaksanakan roda pemerintahan. Tetapi kami masyarakat menyadari sudah banyak hal yang dia kerjakan dalam pembangunan dan itu berdampak besar bagi masyarakat di daerah ini. Wajar bagi seorang Mathius kalau ingin maju kembali dan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan selama lima tahun ini," katanya. (*)

 

Sebelumnya

Sekda Jayapura jabat pelaksana tugas Bupati 

Selanjutnya

Sampah plastik jangan dibuang, bisa diubah jadi barang bermanfaat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe