Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. APIP diminta tingkatkan kapabilitas
  • Minggu, 08 Oktober 2017 — 13:57
  • 413x views

APIP diminta tingkatkan kapabilitas

Pengawasan anggaran penting dilakukan agar tak menimbulkan korupsi. Sedangkan kehadiran APIP  yang juga mengawasi perangkat daerah sebagai kebutuhan para pemangku kepentingan.
Suasana pelatihan bagi aparat APIP 29 kabupaten dan kota di Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi -  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) kabupaten dan kota di Papua, diminta meningkatkan kapabilitas agar pengawasan yang terkait anggaran dapat dilakukan dengan sangat baik.

“Setiap penganggaran harus merujuk pada kapabilitas APIP,” kata Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Elysa menyatakan  pengawasan anggaran penting dilakukan agar tak menimbulkan korupsi. Sedangkan kehadiran APIP  yang juga mengawasi perangkat daerah sebagai kebutuhan para pemangku kepentingan.

“Untuk itu diperlukan satu strategi yang mampu menghadirkan pengawasan penyelenggaraan efektif,” kata Elysa menambahkan.

Pemprov Papua bersama KPK dan  Kementerian Dalam Negeri telah merumuskan langkah strategis yang hendak dijadikan dasar pengamblan kebijakan penguatan APIP secara nasional.

Ketua Satuan Tugas Kordinator Supervisi Pencegahan KPK Tri Gamarefa ingin ada perubahan dalam tata kelola pemerintahan di Papua. Langkah yang sudah dilakukan sejak 2016 itu dinilai sudah baik. “Kami minta itu ditularkan ke kabupaten dan kota,” kata Tri.

Menurut dia, pemerintah provinsi Papua saat ini sudah mulai mencoba perencanaan anggaran 2018 menggunakan aplikasi yang terintegrasi antara e-pllaning dan e-budgeting.

Ia menilai kemampuan APIP saat ini masih kurang, hal itu karena belum dibekali pelatihan yang cukup. “Untuk itu, kami berikan pelatihan khusus kepada mereka,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Sekda Papua : Komitmen pencegahan korupsi banyak menimbulkan orang gerah

Selanjutnya

Dishut ajak kepala suku awasi hutan Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe