TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Aparat keamanan diingatkan perlu tahu budaya Papua
  • Minggu, 08 Oktober 2017 — 17:41
  • 1097x views

Aparat keamanan diingatkan perlu tahu budaya Papua

"Ini penting, apalagi aparat keamanan yang dikirim dari luar Papua," kata Wonda pekan lalu.
Ilustrasi demo HAM - Jubi. Doc
Arjuna Pademme
[email protected]
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, aparat keamanan yang akan ditugaskan di Papua, perlu dibekali pengetahuan budaya dan karakter masyarakat asli setempat.

Ia mengatakan, ini penting supaya aparat keamanan yang bertugas di Papua, tidak selalu menghadapi masyarakat Papua dengan represif, dan tidak salah ketika bertindak. 

"Ini penting, apalagi aparat keamanan yang dikirim dari luar Papua," kata Wonda pekan lalu.

Menurutnya, aparat keamanan harus mengindari perlakuan kekerasan, terutama penembakan, yang dapat berujung jatuhnya korban warga sipil, karena kini pelanggaran HAM di Papua menjadi isu internasional. Selama masih ada penembakan, terutama terhadap warga sipil, isu HAM di Papua tak akan pernah berakhir. 

"Kapolda dan Pangdam, bagaimana selalu mengingatkan anggotanya menahan diri, tidak melakukan hal-hal di luar kemanusiaan. Bicara pelanggaran HAM, bicara kemanusiaan, dan ini universal," ujarnya.

Katanya, ketika ada warga sipil di daerah lain yang mengalami tindak kekerasan oleh aparat keamanan, mungkin isunya tidak akan terlalu berdampak hingga dunia internasional, namun jika di Papua, langsung menjadi isu dunia.

"Kebanyakan kasus pelanggaran HAM di Papua muncul karena ulah aparat keamanan. Ini ulah oknum bukan institusi, namun karena ulah oknum inilah, nama institusi dibawa-bawa," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kapolda Papua khawatir sayembara Wali Kota Jayapura berujung hukum jalanan

Selanjutnya

Wonda: Keberadaan Komnas HAM jangan hanya formalitas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat