Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. DPR soroti pembangunan TPA Waibron yang tak kunjung selesai
  • Selasa, 10 Oktober 2017 — 14:50
  • 263x views

DPR soroti pembangunan TPA Waibron yang tak kunjung selesai

Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) kabupaten Jayapura menyoroti meski anggaran yang nilainya miliaran rupiah sudah disetujui, namun pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah tersebut hingga kini tak kunjung selesai. Pemkab Jayapura dinilai sangat tidak serius menyelesaikan pembangunan TPA tersebut.
Ilustrasi, sampah yang menumpuk di bank sampah Khena Mbay Umbay kampung Komba distrik Sentani - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani, Jubi – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) kabupaten Jayapura menyoroti meski anggaran yang nilainya miliaran rupiah sudah disetujui, namun pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah tersebut hingga kini tak kunjung selesai. Pemkab Jayapura dinilai sangat tidak serius menyelesaikan pembangunan TPA tersebut.

Hal tersebut diungkap anggota Komisi A DPR kabupaten Jayapura, Karel Samonsabra, kepada Jubi, di Kantor DPR, Gunung Merah, Sentani, Selasa (10/10/2017).

"Setiap sidang APBD, kami sudah menyetujui anggaran untuk membangun TPA. Maaf saya tidak bisa menyebutnya persis jumlahnya tetapi sudah disetujui miliaran rupiah. Tapi sampai sekarang pembangunannya belum juga selesai," jelasnya.

Karel mengatakan saat ini tempat pembuangan sementara (TPS) sampah di daerah ini ada di dua tempat. Satu TPS di distrik Waibhu dan satu lagi di distrik Sentani. Untuk menunjang aktivitas pengelolaan sampah, Pemkab bukan fokus menyelesaikan pembangunan TPA di Waibron tapi malah menyediakan mesin penghancur sampah.

"Sampai kapan mesin ini akan bekerja? Ada baiknya fokus untuk segera menyelesaikan pembangunan TPA supaya bisa segera difungsikan. Karena dengan adanya TPA, disana ada pengelolaan yang berdampak bukan hanya pendapatan ekonomi tetapi juga menambah jumlah tenaga kerja yang saat ini dalam status pengangguran," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Jayapura, Patrisius Yamlai, menjelaskan proses pembangunan TPA masih dalam tahap pekerjaan awal. Hal ini disebabkan karena letak TPA yang cukup jauh dari jalan protokol di kawasan Waibron distrik Sentani Barat Moi.

"Kita tetap akan menyelesaikan pekerjaan ini karena sudah dianggarkan lagi dalam APBD Perubahan. Tahun depan kita mulai dengan infrastruktur jalan dan bangunan yang akan dibangun lebih awal," katanya. (*)

 

Sebelumnya

Dinas LH akan buat MoU dengan bank sampah Khena Mbay Umbay 

Selanjutnya

Program Jayapura sebagai kabupaten layak anak masih jauh dari harapan 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe