Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. KPU Yalimo gelar bimtek bagi parpol
  • Selasa, 10 Oktober 2017 — 18:50
  • 552x views

KPU Yalimo gelar bimtek bagi parpol

"Kami sudah buka pendaftaran sejak tanggal 3 Oktober 2017 sampai memasuki hari ke delapan 10 Oktober 2017 ini, tidak ada satu pun parpol yang mendaftar," kata Yanes Alitnoe.
Bimtek pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu oleh KPU Yalimo-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi – Sesuai dengan PKPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal pemilu 2019, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, menggelar bimbingan teknis bimbingan teknis pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu anggota DPR, DPRD serta pengenalan aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol).

Bimtek yang digelar di Baliem Pilamo Hotel Wamena, Selasa (10/10/2017), menghadirkan seluruh pengurus partai politik di Yalimo yang merupakan satu tahapan yang harus dilakukan oleh penyelenggara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Yanes Alitnoe mengimbau pengurus partai politik segera mendaftar sebab tinggal enam hari lagi pendaftaran partai ditutup.

"Kami sudah buka pendaftaran sejak tanggal 3 Oktober 2017 sampai memasuki hari ke delapan 10 Oktober 2017 ini, tidak ada satu pun parpol yang mendaftar," kata Yanes Alitnoe.

Berdasarkan jadwal, pendaftaran dewan pengurus cabang (DPC) parpol di KPU mulai dibuka 3 Oktober 2017 dan akan berakhir pada 16 Oktober 2017 mendatang.

"Tetapi karena belum ada parpol yang daftar, pada hari ini (Selasa) kita melakukan semacam konsultasi persoalan, untuk mengecek kendala yang dihadapi parpol sampai mereka belum mendaftar, dan ternyata rata-rata parpol di tingkat DPC belum mendapatkan user dan password dari dewan pengurus pusat," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran partai ke KPU dapat menentukan sukses dan tidaknya penyelenggaraan pemilihan anggota DPRRI, DPRD dan DPR Papua pada 2019 mendatang.

"Kalau tidak ada yang mendaftar ini akan sangat berat bagi kami, karena seluruh pengurus partai politik untuk tingkat kabupaten, diharuskan menyebar di tingkat distrik 50 persen. Kemudian penyebaran pengurus di tingkat provinsi itu 75 persen di kabupaten-kota, sehingga kalau tidak ada pengurus partai politik di Kabupaten Yalimo pasti ikut mempengaruhi perjanjian atau syarat untuk pemilihan anggota DPRD dan DPR Papua," katanya.

Untuk memudahkan parpol dalam melakukan pedanfaran, kata dia, KPU Kabupaten Yalimo membuka sekretariat juga di Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dilakukan, agar pendaftaran kartu tanda anggota (KTA) partai, KTP itu dilakukan secara online sehingga harus menggunakan jaringan internet dan di Wamena jaringan internet cukup mudah.

Sekretaris DPC PKS Yalimo, Simon Walilo mengaku bersyukur dengan adanya bimtek dari KPU ini, dan sudah merupakan kewajiban partai politik untuk memenuhi apa pun yang disampaikan KPU.

“Dalam kurun waktu empat lima hari ke depan, mudah-mudahan kami bisa maksimalkan pendaftaran partai politik ini, sehingga dampak kepada masyarakat kemudian bakal calon DPRD bisa dipenuhi,” kata Simon Walilo. (*)

Sebelumnya

Ratusan perempuan ikut sosialisasi pencegahan kanker di Jayawijaya

Selanjutnya

Daya serap Pemkab Jayawijaya sudah 75 persen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe