Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Papua kaya mineral logam, perlu pengelolaan berdasar regulasi
  • Selasa, 10 Oktober 2017 — 23:01
  • 1206x views

Papua kaya mineral logam, perlu pengelolaan berdasar regulasi

Papua kaya akan sumber daya alam mineral logam yang bernilai tinggi yang perlu sistem pengelolaan berdasarkan regulasi yang sudah ada.
Hosea Asmuruf (kemeja abu-abu) dan SpeI Bidana (kemeja hitam bunga-bunga) saat menjadi pemateri dalam diskusi Ruang kelola bagi masyarakat adat Papua dalam pertambangan dan eksistensi Pergub Papua No 41 tahun 2011 di aula P3W, Padang Bulang Abepura, kota Jayapura – Jubi/Benny Mawel
Benny Mawel
frans@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Papua kaya akan sumber daya alam mineral logam yang bernilai tinggi yang perlu sistem pengelolaan berdasarkan regulasi yang sudah ada.

“Papua ini tidak kaya akan pertambangan. Papua ini penuh sumber daya alam mineral logam,”ungkap praktisi pertambangan Papua,Hosea Asmuruf, kepada Jubi, dalam diskusi Ruang kelola bagi masyarakat adat Papua dalam pertambangan dan eksistensi Pergub Papua No 41 tahun 2011, di Aula Pusat Pembinaan dan Pengembangan Wanita (P3W), Padang Bulang Abepura, Kota Jayapura, Jumat (6/10/2017) pekan lalu.

Pria mantan Dekan Fakultas Pertambangan Univestitas Sains dan Teknologi (USTJ) Jayapura ini, mengatakan sumber daya mineral logam ini perlu proses pengelolaan secara serius dengan tahapan-tahapan yang benar. Kalau tidak benar, orang Papua tidak akan pernah menikmatinya.

“Tahapan yang benar adalah orang Papua menyiapkan diri dan memulai proses pengelolaannya.

Proses macam apa itu bisa diatur tergantung pemerintah daerah dapat memberikan kewenangan kepada putra daerah atau tidak,” katanya.

Pemerhati pertambangan Papua, Hetkan Spel Bidana, mengatakan pengelolaan pertambangan di Papua dengan melimpahkan kewenangan ke orang Papua itu tidak susah. Pemerintah cukup mengacu pada tugas pokok dan fungsi Dinas Energi Sumber Daya Mineral provinsi Papua, UU no 4 tahun 2009 tentang Minerba,  UU no 30 tahun 2007 tentang Energi, dan UU no 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

“Pemerintah mestinya melakukan langkah perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program. Pemerintah perlu membuat rencana umum energi Papua, membentuk dewan energi Papua, dan mengatur pengusaha energi Papua dengan peraturan daerah.

Kata dia, pemerintah juga perlu membuat grand design potensi sumber daya mineral Papua dan membuat rencana aksi pemetaan sumber daya mineral. Peta ini penting supaya ini menjadi pengetahuan bersama untuk pengelolaan selanjutnya.

Pasca pemetaan, pemerintah perlu menyusun grand design pengembangan energi karbon dan energi baru terbarukan (green energy), serta menyusun rencana aksi pengelolaan dan pemanfaatan energy itu supaya jelas manfaatnya.

Terlepas dari fokus pertambangan, pemerintah perlu membuat grand design konservasi dan pemanfaatan sumber daya air. Rencana aksi pengembangan dan pemanfaatan sumber daya air sehingga terhindari dari pencemaran.

 

Jauh lebih penting dari itu, pemerintah perlu grand design pengembangan dan  pengelolaan tambang rakyat di Papua. Rakyat harus menjadi pelaku ekonomi di bidang pertambangan dengan penyusunan rencana aksi pengembangan pengelolaan tambang rakyat.

“Untuk semua itu perlu database sumber daya manusia orang asli Papua (geologis, tambang, kimia, lingkungan, hukum, ekonom,  sosiolog, antropolog) yang memberikan bobot dalam pengelolaan tambang dan energi Papua,” tegas pria yang berlatar belakang pendidikan pertambangan ini. (*)

 

loading...

Sebelumnya

LSM anti korupsi desak pengusutan penyelewengan Raskin

Selanjutnya

KPU diingatkan tahapan pilgub Papua mengacu pada Perdasus

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe