Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Dukung TIK PON XX, Papua kerjasama dengan BRI dan Telkom
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 05:38
  • 706x views

Dukung TIK PON XX, Papua kerjasama dengan BRI dan Telkom

Kerjasama dengan kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dalam penyediaan fasilitasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Pengurus KONI Papua Benny Jensenem (paling kanan) bersama Beny Maniani dan Ulrich Latumahina – Jubi/Humas KONI Papua
Andreas Weleurat
andreasweleurat@gmail.com
Editor : Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua dapat  menjalin kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dalam mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas XVI) di Bumi Cenderawasih.

Kerjasama dengan kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dalam penyediaan fasilitasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Ketua Badan Audit Internal KONI Provinsi Papua, Benny Jensenem kepada awak media, Selasa (10/10/2017) mengatakan, teknologi informasi dan komunikasi jelang PON XX/2020 di Papua sangat urgen.

Sebab input database atlit hingga pelatih memerlukan jaringan internet yang memadai.

Jensenem mencontohkan pada penyelenggaraan PON XIX/2016 Jawa Barat, akibat jaringan internet yang terganggu di Papua menyebabkan kontingen Papua dalam proses pendaftaran atlet (entry by name) dilakukan secara manual dan menyebabkan keterlambatan.

“Untungnya waktu itu, kami dan panitia PON Jabar sepakat untuk menyelesaikan input data walaupun dilakukan secara manual,”kata Benny di Kantor KONI Papua di bilangan GOR Cenderawasih, APO Jayapura.

Input data atlet pada pendaftaran PON mencakup berbagai dokumen antara lain data akte lahir, kartu tanda penduduk, kartu keluarga,ijazah dan dokumen atlit lainnya.  Data-data tersebut, lanjut Jensenem, harus dinput jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan PON, dan dibutuhkan jaringan komunikasi dan internet yang maksimal.

Tim leader penyusunan masteplan PON Papua, Iwan Barata kepada pers  di Jayapura mengatakan, Papua membutuhkan TIK yang memadai untuk menopang berbagai kegiatan jelang pelaksanaan PON dan Perparnas. 

“Infrastruktur teknologiinformasi dan komunikasi sangat penting pada penyelenggaraan PON Papua. Maka itu, perlu ada kerjasama antara Pemerintah Provinsi Papua, KONI dan PB PON dengan BRI dan PT Telkom,”ungkapnya.

Menurutnya, BRI dan PT Telkom Group memiliki teknologi yang mumpuni di Indonesia. Hingga saat PT Telkom adalah perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di tanah air dengan dukungan anak perusahaan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang memiki jaringan operasi terluas dan merupakan operator komunikasi di Tanah Papua.

Sedangkan Bank BRI merupakan satu-satunya bank plat merah yang memiliki satelit dan mengoperasikannya sendiri.Satelit yang dinamakan BRIsat ini telah diluncurkan dan mengorbit pada 9 Juni 2016 lalu. ”Apabila jaringan komunikasi terganggu karena kabel optik mengalami ganggguan, maka satelit BRIsat dapat digunakan,”ungkapnya.

Sementara itu, Ahli Pemasaran dan Media Masterplan PON Papua, Indria Ardiyani menjelaskan matrik masterplan penyelenggaraan PON XXbidang teknologi informasi dan komunikasimemfokuskan perencanaan kebutuhan dan spesifikasiinfrastruktur TIK mencakup peralatan perangkat keras, jaringan, data center, ruangkontrol IT dan ruang media center.

“TIK dan IT untuk menopang tugas-tugas kesektariatan dan input data PON dengan layanan seluruh provinsi di tanah air. Dengan jaringan yang memadai akan memudahkan teman-teman di Aceh, Sumatera, Jawa dan Kalimantan dapat dengan mudah mendaftarkan atletnya pada PON Papua,” ujarnya. (*)

 

Sebelumnya

Komentar miring Persipura, Walkot Mano : Masyarakat semakin peduli

Selanjutnya

RAT dan Musorprov KONI Papua siap digelar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe