Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Angka kemiskinan Fiji turun, bagaimana dengan kesenjangan?
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 06:23
  • 488x views

Angka kemiskinan Fiji turun, bagaimana dengan kesenjangan?

Meskipun Fiji berhasil mengurangi presentase kemiskinan, kesenjangan yang tinggi dan terus meningkat harus diperhatikan, seperti juga mobilitas yang menurun dan menurunnya ketahanan ekonomi.
Pengentasan kemiskinan di Suva, Fiji – Sydney Morning Herald
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Suva, Jubi – Tingkat kemiskinan di Fiji adalah salah satu yang terendah di Pasifik, kata Bank Dunia dalam terbitan bulan Oktober 2017 laporan East Asia and Pacific Economic Update.

Menurut laporan yang dikeluarkan minggu lalu, 14,2% penduduk Fiji hidup dibawah garis kemiskinan pada tahun 2013/2014 berdasarkan batas garis kemiskinan kelas menengah ke bawah yaitu AS$ 3,2/hari (F$6.57/hari).

Laporan tersebut menyatakan jumlah ini adalah angka terendah di kawasan Pasifik dan setara dengan negara berpenghasilan menengah ke atas lainnya.

Meskipun tingkat kemiskinan turun dalam satu dekade terakhir, angka rata-rata itu menutupi perbedaan kesenjangan di seluruh wilayah.

Laporan tersebut lalu menyoroti bahwa antara survei periode 2008/09 dan 2013/14, kemiskinan di kawasan perkotaan meningkat dari 12% menjadi 13% berdasarkan garis kemiskinan kelas menengah ke bawah.

Kemiskinan agregat dan kemiskinan pedesaan juga menurun masing-masing dari 17% menjadi 14% dan 22% menjadi 16%.

Laporan tersebut menekankan meskipun Fiji berhasil mengurangi presentase kemiskinan, ketidaksetaraan yang tinggi dan terus meningkat harus diperhatikan, seperti juga mobilitas yang menurun dan menurunnya ketahanan ekonomi.

Dan walaupun kawasan Asia Pasifik menjadi yang area paling sukses di dunia dalam hal pengurangan kemiskinan, Pakar Ekonomi Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, Sudhir Shetty, mengatakan bahwa persepsi ketidaksetaraan yang tinggi dan terus meningkat, mobilitas dan ketahanan ekonomi yang menurun telah semakin jelas.

Tapi ketika ditanya oleh surat kabar Fiji Times tentang ketidaksetaraan dalam konteks Pasifik, Shetty mengatakan sulit untuk menentukan dengan tepat kecenderungan ketidaksetaraan di Pasifik karena keterbatasan data yang dibatasi waktu.(Fiji Times/Elisabeth C.Giay)

Sebelumnya

Uni-Eropa akan bantu sanitasi Kepulauan Cook

Selanjutnya

Satu lagi gunung api di Vanuatu yang meresahkan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe