Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Ombudsman libatkan masyarakat awasi pelayanan publik
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 18:27
  • 424x views

Ombudsman libatkan masyarakat awasi pelayanan publik

Keterlibatan masyarakat itu mengacu undang-undang nomor 25 tahun 2009, tentang pengawasan publik.
Kepala Perwakilan Ombudsman perwakilan Papua Sabar Iwagin ketika memberikan sambutan dihadapan peserta pelatihan - (Jubi/ Hengky Yeimo).
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Papua, sengaja melibatkan masyarakat untuk mengawasi pelayanan publik. Keterlibatan masyarakat itu mengacu undang-undang nomor 25 tahun 2009, tentang pengawasan publik.

“Aturan itu menyebutkan bahwa masyarakat,ombudsman dan DPR-D bagian dari pengontrol pelayanan publik termasuk mengawasi penggunaan APBN dan APBD,” kata Kepala Ombudsman Republik Indonesia, Perwakilan Papua, Sabar Oliv Iwanggin kepada wartawan di Jayapura, Rabu, (11/10/2017).

Sabar meminta partisipasi masyarakat dalam mengawal pelayanan publik di Kota Jayapura sebagai ukuran model pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Menurut Sabar, di kota itu terdapat ada dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang kinerjanya bagus, masing-masing dinas kependudukan pencatatan sipil, dan dinas penanaman modal terpadu satu pintu.

“Dinas itu kami dorong agar terbaik di Indonesia," kata Sabar menambahkan.

Sabar mengatakan, Ombudsman ingin menunjukan bahwa masyarakat juga terlibat dalam mengontrol pelayanan publik sebagaimana dalam undang-undang, dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Langkah itu akan dilakukan dengan membuka jaringan selulas-luasnya menghadirkan tokoh adat, tokoh agama, dan organisasi perangkat daerah langsung untuk mengawal pelayanan publik.

“Kami juga menggelar pelatihan yang pertama, melibatkan aktivis LSM, media cetak, dan organisasi kepemudaan," katanya.

Ia mengaku sebelumnya personil Ombudsman terbatas sehingga sulit menjangkau daerah. Namun saat ini sudah menambah personelnya sehingga mereka akan menjangkau daerah terpencil lain.

“Salah satunya di kabupaten Supiori mereka dilibatkan mengecek produk hukum yang dibuat oleh Pemda setempat," kata Sabar menjelaskan.

Salah seorang peserta delegasi dari komisariat daerah, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Leo Kalolik, menyatakan senang dilibatkan oleh Ombudsman.

"Saya mengapresiasi kinerja Ombudsman dalam melakukan pengawalan pelayanan publik di Kota Jayapura dan Papua pada umumnya,” kata Leo.

Keterlibatan dia itu memudahkan menciptakan pemerintahan yang bersih dan profesional.(*)

loading...

Sebelumnya

Kekerasan anak di Kota Jayapura mencapai 25 kasus

Selanjutnya

Wali Kota Jayapura mengapresiasi peran Ombudsman

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe