Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Sensasi Keladi Bakar di pasar Youtefa
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 17:19
  • 288x views

Sensasi Keladi Bakar di pasar Youtefa

Hampir setiap hari makanan khas selalu habis diborong pembeli sebagai bukti Keladi bakar tak hanya dinikmati orang Papua, namun dari berbagai kalangan yang hadir di pasar itu.
Pedagang keladi bakar, mama Nani Tabuni (31) sedang menjual keladi bakar di pasar sentral Youtefa, Kota Jayapura, Rabu, (11/10/2017) – Jubi/Abeth You
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi – Keladi bakar yang dimasak dan dijual oleh mama-mama  Papua di pasar sentral Youtefa, Kota Jayapura, menjadi makanan kesukaan. Hampir setiap hari makanan khas selalu habis diborong pembeli sebagai bukti Keladi bakar tak hanya dinikmati orang Papua, namun dari berbagai kalangan yang hadir di pasar itu.

“Banyak yang menyukai, tak hanya orang Papua, tapi banyak hadir beragam orang membeli dan menikmati Keladi bakar,” kata mama Nani Tabuni (31), seorang pedagang Keladi bakar, saat ditemui di lapak tempat ia menjajakan, Rabu (11/10/2017)

Bahan makanan yang diolah secara sederhana itu hanya menggunakan bahan bakar tempurung kelapa sebagai pengganti kayu. Dari nyala api bakaran tempurung kelapa itu Keladi yang sudah dibersihkan dipanggang di atas nyala api hingga masak. “Saya lalu dibersihkan pakai pisau dan siap dijual,” kata Nani menjelaskan.

Keladi menjadi makanan khas Papua, khususnya wilayah pegunungan tengah. Tak jarang para pembeli kebanyakan orang dari wilayah gunung.  Nani sudah menekuni menjual keladi selama empat tahun, meski  ia awalnya menjual jagung bakar di tempat yang sama

”Dulu saya jual jagung bakar. Tapi beralih jual keladi karena peminat tingi,” katanya.

Nani biasa menjual antara Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu, tergantung ukuran, dari penjualan itu rata-rata Nani mampu menghasilkan uang hingga  jutaan rupiah per bulan.

Niko Pekei, 22 tahun, seorang pembeli keladi bakar, mengatakan sering membawa rekannya untuk menikmati keladi bakar di pasar sentral Youtefa. “Saya biasanya beli di sini saja. Sering saya bawa datang teman-teman juga,” kata Niko.

Ia  mengaku menikmati keladi bakar sangat cocok saat masih hangat.(*)             

Sebelumnya

Wali Kota Jayapura mengapresiasi peran Ombudsman

Selanjutnya

Korban kebakaran di Hamadi dapat bantuan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe