Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. KPU diingatkan tahapan pilgub Papua mengacu pada Perdasus
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 18:04
  • 199x views

KPU diingatkan tahapan pilgub Papua mengacu pada Perdasus

“Dalam pasal 5 disebutkan, DPRP dalam melaksanakan pencalonan, membentuk panitia khusus (pansus). Perdasus Nomor 6 Tahun 2011 ini turunan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua. Dalam pasal 7 disebutkan, kewenangan DPRP memilih calon gubernur dan wakil gubernur,” kata Ruben, Rabu (11/10/2017).
Ilustrasi Kantor KPU Papua – Jubi/Alex
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Papua (DPRP), Ruben Magai mengingatkan KPU Papua mengacu pada Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 7 Tahun 2011, tentang pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Papua, dalam penyusunan jadwal pemilihan gubernur (pilgub) Papua 2018, dengan melibatkan DPRP.

Ia mengatakan, ayat 1 pasal 4 dalam perdasus itu menyebutkan, penyelenggaraan pilgub Papua dilaksanakan DPRP dan KPU Papua. Ayat 2 menyebutkan, DPRP dalam penyelanggaraan pemilihan calon gubenur dan wakil gubernur, melaksanakan kegiatan pencalonan, dan ayat 3 KPU Papua melaksanakan pemungutan suara dan penetapan pemenang pilgub.

“Dalam pasal 5 disebutkan, DPRP dalam melaksanakan pencalonan, membentuk panitia khusus (pansus). Perdasus Nomor 6 Tahun 2011 ini turunan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua. Dalam pasal 7 disebutkan, kewenangan DPRP memilih calon gubernur dan wakil gubernur,” kata Ruben, Rabu (11/10/2017).

Menurtunya, sistem ini dipakai dalam pilgub Papua 2013. Ketika itu pelaksanaan pilgub Papua sempat alot lantaran KPU bersikeras menggunakan undang-undang yang berlaku secara nasional, DPRP mengacu pada perdasus dan UU Otsus.

“Kami judicial review ke Mahkamah Konstitus (MK), dan MK memutuskan beberapa tahapan dilakukan DPRP dan tahapan lainnya oleh KPU. Ketika KPU melakukan tahapan pilgub 2018, harus undang DPRP, karena ada kewenangan kami,” ujarnya.

Katanya, seperti pilgub 2013 lalu, DPRP akan membentuk pansus, mengumumkan pendaftaran bakal calon, memverifikasi administrasi, menetapkan dan mengumumkan pasangan calon yang lolos verifikasi administrasi kepada publik melalui media selama beberapa hari.

“Pimpinan akan menetapkan dalam surat keputusan dan diserahkan ke Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk verifikasi keaslian orang Papua, MRP mengembalikan ke DPRP untuk pemaparan visi misi pasangan calon, kemudian diserahkan ke KPU untuk tahapan selanjutnya hingga penetapan kandidat terpilih, dan KPU menyerahkan ke DPRP untuk diparipurnakan dan diusulkan ke Kemendagri,” ucapnya.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, Selasa (11/10/2017), ia telah bertemu pihak DPRP membicarakan mekanisme tahapan pilgub Papua.

“Ini kan prosesnya satu bulan, kami diskusi apakah pendaftaran ini diterima KPU, setelah KPU menerima, meneliti kelengkapan berkas, syarat calon orang asli Papua itu kami serahkan ke DPRP dan DPRP menyerahkan ke MRP,” kata Adam.

Menurutnya, disepakati membicarakan ini bersama KPU RI, apakah mengikuti jadwal secara nasional, atau pendaftaran diserahkan kepada DPRP, namun berdasarkan tahapan nasional.

“Atau bisa dibagi dua, syarat pencalonannya yaitu terkait dukungan parpol di KPU, syarat calonnya terkait keaslian orang Papua di DPR, seperti pilgub 2013, namun proses pilgub sebelumnya kan prosesnya panjang,” ucapnya.

Katanya, kewenangan ini di KPU, namun ada proses yang harus diketahui DPRP dan MRP, inilah yang harus sinkron. Pilgub Papua sebelumnya, butuh waktu lama, lantaran KPU dan DPRP tidak sinkron.

“Pendaftaran direncanakan, 8-10 Januari 2018, penetapan calon, 12 Februari, dan pencabutan nomor urut 13 Februari, selanjutnya tahapan kampanye,” ujarnya. (*)

Sebelumnya

Papua kaya mineral logam, perlu pengelolaan berdasar regulasi

Selanjutnya

Kekurangan anggaran diharapkan tak jadi kendala pilkada

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe