Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Daerah pesisir diminta manfaatkan potensi laut
  • Rabu, 11 Oktober 2017 — 19:16
  • 802x views

Daerah pesisir diminta manfaatkan potensi laut

Salah satunya mengembangkan ekonomi kreatif berbasis hasil perikanan.
ilustrai, Kapal nelayan yang berlabuh di Pelabuhan Merauke –Jubi/Frans L Kobun
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Daerah pesisir diminta manfaatkan potensi laut dengan berbagai program unggulan. Salah satunya mengembangkan ekonomi kreatif berbasis hasil perikanan.

“Potensi laut kita sangat menjanjikan, apalagi kalau dimanfaatkan secara baik,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, F.X Mote Mote kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Papua juga akan meningkatkan konsumsi dan ketersediaan ikan selama PON XX tahun 2020. Program tersebut mampu memberi nilai tambah peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat di Papua.

"Ini dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan domestik. Apa lagi dengan mengkonsumsi ikan, derajat kesehatan anak-anak asli Papua dan masyarakat umumnya akan meningkat," kata Mote menjelaskan.

Mote juga mengimbau kepada para kepala daerah di kawasan pesisir agar mengalokasikan dana yang cukup pada tahun anggaran 2018 untuk membuat kartu nelayan, sebagai jaminan asuransi dan jaminan memenuhi  kebutuhan melaut. “Saat ini untuk realisasi kartu nelayan sendiri masih sangat minim, apalagi untuk beberapa kabupaten yang tidak berjalan dengan baik," katanya.

Kepala Seksi Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Provinsi Papua, Agustinus Agung menyebutkan banyak hal positif jika nelayan memiliki kartu. “Misalnya program asuransi dari kementerian,” kata Agustinus.

Hal positif lainnya memudahkan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) yang khusus diprioritaskan bagi nelayan pemilik kartu.

“Selain itu kalau ada paket-paket bantuan dari pemerintah pusat, pemilik kartu nelayan akan  diprioritaskan agar tepat sasaran. Tak sembarang orang diberikan,” kata Agustinus. (*)

Sebelumnya

Papua sosialisasikan PON di Jakarta

Selanjutnya

Kepala daerah Tolikara dan Yapen dilantik pekan depan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe