Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Posyandu hadir untuk pelayanan kemasyarakatan
  • Jumat, 13 Oktober 2017 — 08:12
  • 612x views

Posyandu hadir untuk pelayanan kemasyarakatan

Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan provinsi Papua, Salmon Dwaa, mengatakan fungsi posyandu bukan hanya untuk pelayanan kesehatan saja tetapi juga untuk kegiatan pendidikan usia dini (PAUD) dan pelayanan kemasyarakatan.
Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan provinsi Papua, Salon Dwaa, saat mengalungkan kartu tanda peserta pada pembukaan kegiatan pelatihan kader posyandu - Jubi/Yance Wenda 
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi  - Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan provinsi Papua, Salmon Dwaa, mengatakan fungsi posyandu bukan hanya untuk pelayanan kesehatan saja tetapi juga untuk kegiatan pendidikan usia dini (PAUD) dan pelayanan kemasyarakatan.

“Posyandu itu pos pelayan terpadu, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan posyandu bagi peningkatan pelayanan kemasyarakatan,” kata Salmon Dwaa, pada pembukaa acara Pelatihan Kader Posyandu di Pusat Pembinaan dan Pengembangan Wanita (P3W) GKI di Padang Bulan, kota Jayapura, Selasa (10/10/2017).

Dikatakan, jangan disalahartikan bahwa posyandu itu hanya milik puskesmas karena hanya fokus kepada pelayanan kesehatan seperti imunisasi, timbang badan balita, dan pelayan kesehatan lainnya. Lingkup layanan posyandu juga menyangkut kegiatan PAUD dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Harapan saya posyandu jangan dianggap sebagai milik puskesmas. Posyandu itu milik masyarakat sebagai pusat pelayanan terpadu. Untuk itu bagi kader yang telah dilatih diharapkan menjadi kader yang aktif mengunakan posyandu karena posyandu hadir dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat,” tutur Dwaa.

Ia juga berharap pada kesempatan tersebut bagaimana peserta kader posyandu dapat menyerap materi yang diberikan dan dapat ditularkan kepada warga masyarakat di daerah pelayanannya.

Sementara itu dalam laporannya, ketua panitia, Bernard Solissa, mengatakan mendasarkan pada program kerja PKK Provinsi Papua, kegiatan pembinaan bagi kader posyandu ini digelar untuk membina dan meningkatkan kemampuan para kader posyandu.

"Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan bagi kader posyandu dalam mengelola posyandu untuk melayani masyarakat," katanya.

Ia menambahkan kegiatan yang melibatkan 30 kader posyandu itu akan diselenggarakan selama lima, 10-15 Oktober.

"Materi kegiatan terdiri dari dinamika kelompok, pos pelayan terpadu, KMS, makanan bergizi, imunisasi, diare dan dehidrasi, TB, malaria, dan beberapa materi lainnya," ujarnya.

Peserta pelatihan adalah kader posyandu tim penggerak PKK provinsi Papua antara lain PAUD Pacema, Anugerah, dan kampung Ifia-Ifia.  (*)

 

loading...

Sebelumnya

Kopkedat: Kondisi seperti ini yang dikatakan Papua bunuh Papua 

Selanjutnya

Ketua Stiper: Saya akan usahakan ijazah segera diberikan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe