Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Perpustakaan untuk dorong anak gemar membaca
  • Senin, 16 Oktober 2017 — 12:02
  • 428x views

Perpustakaan untuk dorong anak gemar membaca

Sebagai bentuk kepeduliaan untuk meningkatkan minat baca pada anak, Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Prudential membangun perpustakaan di SD Inpres  Komba, distrik Sentani, kabupaten Jayapura. Bangunan perpustakaan berukuran 8 X 13,5 meter tersebut saat ini proses pembangunannya sekitar 50 persen.
Gedung perpustakaan SD Inpres Komba, distrik Sentani, yang sedang dibangun - Jubi/Yance Wenda 
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi  - Sebagai bentuk kepeduliaan untuk meningkatkan minat baca pada anak, Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Prudential membangun perpustakaan di SD Inpres  Komba, distrik Sentani, kabupaten Jayapura. Bangunan perpustakaan berukuran 8 X 13,5 meter tersebut saat ini proses pembangunannya sekitar 50 persen.

“Kalau jumlah dana untuk pembangunan perpustakaan ini saya tidak begitu tahu. Kami bersedia menerima bantuan ini karena sekolah belum punya perpustakaaan yang permanen seperti sekarang,” kata Kepala Sekolah SD Inpres Komba, Agustina Sokoy, kepada Jubi, Sabtu (14/10/2017).

Untuk mengajak siswa gemar membaca, selama ini sekolah memanfaatkan ruang kelas yang ‘disulap’ menjadikan ruang perpustakaan.

“Kami buatkan jadwal untuk anak-anak masuk ke perpustakaan. Setiap hari ada dua kelas. Mereka dituntun gurunya bergilir masuk ke perpustakaan,” kata Agustuna Sokoy.

Agustina mengatakan gedung perpustakaan yang baru dibangun ini ditargetkan dalam 50 hari ke depan akan selesai dan bisa digunakan.

“Rencana pembangunan perpustakaan ini sudah dari awal Agustus lalu. Semua urusan teknis pekerjaan ditangani WVI. Saat Bupati datang untuk peletakkan batu pertama, pihak Prudential juga memberikan bantuan untuk pembangunan perpustakaan ini,” jelas Agustina.

Lebih jauh Agustina menjelaskan bentuk bangunan dan tata letak perpustakaan semua sudah dibicarakan WVI dengan pemerintah kampung, komite sekolah, dan badan musyawarah kampung.

Agustina menjelaskan perpustakaan di SD Inpres Komba dibuat tanpa banyak sekat agar anak-anak bebas duduk di lantai sambil membaca.

“Rak buku akan ditata supaya aman bagi anak-anak. Kami juga akan bikin green house di depan,” kata Agustina.

Seorang orang tua murid yang ditemui Jubi di sekolah tersebut mengatakan senang di sekolah ada perpustakan.

“Anak-anak bisa kerja tugas dan habiskan waktu mereka di sekolah dan di perpustakaan. Kalau mereka sudah pulang itu pasti yang mereka pikirkan cuma main saja. Jadi waktu belajar mereka berkurang,” ucap orang tua siswa yang malu menyebutkan namanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Dinkes provinsi diminta evaluasi Dinkes kabupaten

Selanjutnya

Pengelolaan sampah di RSU Yowari, bukan hanya pengunjung, petugas RS pun perlu disadarkan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe