Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kritisi Perdana Menteri, dua wartawan senior Tonga dimutasi
  • Senin, 16 Oktober 2017 — 15:22
  • 774x views

Kritisi Perdana Menteri, dua wartawan senior Tonga dimutasi

Menurut Po’uhila, Petelō dan Ulakai tidak puas dengan restruktirisasi tersebut dan sedang mencari bantuan dari Kantor Ombudsman dan sekelompok penasihat hukum.
Viola Ulakai (kiri) dan Laumanu Petelō dimutasi dari Tonga Broadcasting Commission ruang berita ke bidang pemasaran setelah perombakan komisi tersebut – Kaniva Tonga/Kalino Latu
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Nuku’alofa, Jubi – Dua wartawan senior Tonga telah digulingkan dari jabatan mereka di ruang berita untuk menduduki peran baru dalam komposisi organisasi di (komisi) penyiaran negara.

Laumanu Petelō, editor di televisi dan radio Tonga Broadcasting Commission (Komisi Penyiaran Tonga; TBC), dan manajer berita Viola Ulakai dipindahkan ke departemen baru di bawah manajemen bidang pemasaran dan penjualan dari komisi tersebut.

Restrukturisasi komisi tersebut dilakukan di bawah arahan Ketua Dewan Utama TBC yang baru, Dr. Tu’i Uata, yang resmi menggantikan ketua sebelumnya ‘Ahongalu Fusimālohi bulan lalu.

Berita Kaniva Tonga melaporkan bahwa Petelō, Ulakai dan Uata tidak langsung menanggapi permintaan komentar media.

Namun, editor Koran Kakalu ‘o Tonga, ‘Ulu’alo Po’uhila mengatakan kepada Kaniva News bahwa Petelō telah diwawancarai terkait perombakan tersebut.

Menurut Po’uhila, Petelō dan Ulakai tidak puas dengan restruktirisasi tersebut dan sedang mencari bantuan dari Kantor Ombudsman dan sekelompok penasihat hukum.

Pada bulan Maret tahun ini, Petelō berulang kali bentrok dengan Pōhiva saat konferensi pers di Nuku’alofa setelah Perdana Menteri menuduh bahwa TBC telah dengan sengaja melaporkan berita yang merugikan pemerintahannya.

Kaniva Tonga melaporkan bahwa krisis perseteruan antara pemerintah dan banyak staf TBC mencapai puncak setelah Minister of Public Enterprises (Menteri Badan Usaha Milik Negara) memperingatkan TBC bahwa perpanjangan otomatis kontrak dari mantan Direktur Umum Nanisē Fifita pada bulan Mei kemarin dengan komisi penyiaran itu tidak berlaku lagi.

Menteri menginginkan agar jabatan itu diiklankan secara eksternal.

Fifita membawa masalah itu dengan menteri terkait ke pengadilan namun hakim peradilannya memutuskan untuk mendukung keputusan awal pemerintah.(Asia Pasific Report/Elisabeth C.Giay)

loading...

Sebelumnya

Pejabat Kedutaan Besar AS di Port Moresby dirampok

Selanjutnya

Peringati kemerdekaan Fiji dengan napak tilas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe