Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Ratusan pendamping desa dibekali pelatihan
  • Rabu, 18 Oktober 2017 — 15:23
  • 718x views

Ratusan pendamping desa dibekali pelatihan

Mereka diharapkan mampu memahami dan membantu masyarakat menggunakan dana desa secara baik.
Suasana pembukaan pelatihan tenaga pendamping dana desa - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Sebanyak 260 orang pendamping desa tingkat distrik dan kampung dibekali pelatihan sebelum terjun di 29 kabupaten dan kota. Mereka diharapkan mampu memahami dan membantu masyarakat menggunakan dana desa secara baik.

"Pelatihan itu mengajarkan pengelolaan uang besar, dan tersebar di  5,420 kampung,” kata Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, saat membuka pelatihan, di Jayapura, Rabu (18/10/2017).

Ia menjelaskan para pendamping  kampung itu diharapkan bisa mendampingi kepala kampung dengan cara mentransfer manajemenregulasi penggunaan dana desa.

Tercatat pada tahun 2017 ini dana desa dari pemerintah pusat untuk Papua sebesar Rp 4,3 triliun. Sedangkan pemerintah Provinsi Papua sejak Juni 2016 hingga 2017 sudah melakukan komitmen transparansi bersama dengan komisi pemberantasan korupsi (KPK) terkait penggunaan dana desa. “Dengan demikian anggaran yang besar ini harus masuk dalam sistem aplikasi pengelolaan dana desa,” kata Elysa menambahkan .

Meski begitu ia mengaku saat ini baru Kabupaten Intan Jaya yang baru bisa menggunakan aplikasi sistem pengelolaan dana desa. Elysa berharap tahun 2018 mendatang semua daerah di Papua mampu memanfaatkan sistem dan aplikasi dalam pengelolaan dana desa.

Menurut dia rata-rata satu kampung di Papua mendapat dana desa sebesar Rp 700 juta hingga Rp 900 juta, sedangkan tingkat kota antara Rp 2 miliar hingga Rp 4 miliar.

Koordinator Supervisi dan Pencegahan KPK wilayah Papua, Maruli Tua mengingatkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) di Papua mengefektifkan fungsi-fungsi pembinaan bagi aparat kampung.

"Jadi dalam pengawasan tidak overlap dengan berbagai tim yang sudah dibentuk oleh berbagai instansi dalam hal pengawasan dana desa," kata Maruli. (*)

loading...

Sebelumnya

Papua siap fasilitasi penyelesaian batas wilayah

Selanjutnya

KIP gelar workshop informasi publik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe