Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pemkab Jayapura diminta perhatikan jalan Nimbokrang-Demta
  • Rabu, 18 Oktober 2017 — 16:11
  • 511x views

Pemkab Jayapura diminta perhatikan jalan Nimbokrang-Demta

Meski kondisinya memprihatinkan, namun ruas jalan dari distrik Nimbokrang menuju distrik Demta yang selama ini menjadi jalur utama mobilisasi masyarakat di dua distrik tersebut, justru belum mendapat perhatian serius Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura.
Ruas jalan menuju distrik Yapsi di wilayah pembangunan IV di kabupaten Jayapura, yang hingga kini masih belum ada upaya perbaikannya - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Meski kondisinya memprihatinkan, namun ruas jalan dari distrik Nimbokrang menuju distrik Demta yang selama ini menjadi jalur utama mobilisasi masyarakat di dua distrik tersebut, justru belum mendapat perhatian serius Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Tokoh masyarakat Demta, Decky Yakore, mengaku jalan yang sudah dibangun sejak puluhan tahun silam itu, hingga kini belum diaspal. Peningkatan jalan di ruas jalan ini hanya penimbunan material karang. Ketika turun hujan, jalan yang berlubang ditutup lagi dengan karang. Padahal keberadaan jalan ini sangat berbahaya karena berada di tepi jurang yang sangat dalam.

"Jalan menuju Demta yang beraspal hanya sampai di kampung Berap distrik Nimbokrang. Selepas kampung tersebut kita akan melewati jalan karang yang berada di tepi jurang yang sangat dalam. Ini sangat berbahaya bagi masyarakat yang melintasi jalan tersebut. Jalan ini sudah dibangun puluhan tahun lau, sejak kepemimpinan Bupati Bas Youwe," jelas Decky Yakore, saat ditemui Jubi, di Sentani, Rabu (18/10/2017).

Dikatakan, inilah satu-satunya ruas jalan yang digunakan masyarkat distrik Demta untuk membawa semua hasil alam di daerah itu, hasil laut maupun hasil kebun. Seharusnya pemerintah peduli dan meningkatkan jalan ini menjadi jalan beraspal supaya masyarakat lancar mengangkut hasil alam mereka ke kota. Perbaikan jalan ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat Demta.

"Biasanya kalau musim hujan, masyarakat menunda perjalanan ke kota karena pasti jalan dari Demta ke Berap penuh material batu dan lumpur yang turun ke badan jalan. Para tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang bertugas di Demta tapi tinggal di kota, tidak akan datang karena jalan tidak bisa dilewati. Kami berharap pemerintah daerah dapat memperbaiki jalan ini sehingga ada dampak bagi masyarakat kami," ujarnya.

Anggota DPRD kabupaten Jayapura, Abraham Demonggreng, mengatakan ruas jalan tersebut adalah jalan provinsi. Pemprov Papua yang bertanggung-jawab atas peningkatan dan pemeliharaannya. Kendati demikian ada dana sharing yang dapat dimanfaatkan Pemkab Jayapura untuk peningkatan jalan tersebut, khusus mulai dari kampung Berap hingga Demta.

"Tinggal jalur koordinasi yang harus dimanfaatkan pemerintah sehingga kebutuhan masyarakat terkait infrastruktur jalan dapat terwujud. Ini juga akan menjadi jalan produksi, karena di Demta juga ada hasil laut yang sering dibawa untuk dijual di beberapa distrik terdekat seperti Nimbokrang, Nimboran, Kemtuk, dan Kemtuk Gresi," ungkapnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Dualisme kepemimpinan di KNPI harus berakhir sebelum 28 Oktober 

Selanjutnya

Pasar lama Sentani, ditata ulang atau ditutup 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe