Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. PMKRI minta gubernur cabut izin tambang bermasalah
  • Kamis, 19 Oktober 2017 — 17:06
  • 819x views

PMKRI minta gubernur cabut izin tambang bermasalah

Penerbitan Izin ini tidak diketahui oleh masyarakat pemilik tanah dan telah merugikan serta mengganggu kegiatan pertambangan rakyat yang sebelumnya sudah berjalan lebih dulu.
Presidium PMKRI St. Efrem Benediktus Bame yang duduk ditengah pada satu event Nasional - (JUBI/Hengky Yeimo)
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Santo Efrem Jayapura, Benidiktus Bame meminta Gubernur Papua segera mencabut izin usaha pertambangan yang tidak diketahui oleh masyarakat pemilik hak ulayat.

"Publik perlu ketahui bahwa Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yang dikeluarkan oleh Gubernur Papua lama Barnabas Suebu, bertentangan dengan pasal 37 undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pemberian IUP,” kata Bame kepada Jubi, Kamis, (19/10/2017).

Ia menyebutkan Gubernur Papua yang lama, Barnabas Suebu telah menerbitkan 56 izin ssaha pertambangan di Papua.  Barnabas Suebu, mengeluarkan izin mengacu Pergub nomor 41 tahun 2011 yang diteken sendiri.

“Padahal pada tahun 2016 Mendagri juga telah membatalkan Pergub tersebut," kata Bame menjelaskan.

Ia menyebutkan di wilayah adat Meepago, terdapat beberapa Pemegang izin yang menguasai tanah adat. antara lain  PT  Benliz Pasific, PT  Pasific Mining Jaya, PT  Benliz Pasific Makmur serta PT  Madinah Qurataain.

Penerbitan Izin ini tidak diketahui oleh masyarakat pemilik tanah dan telah merugikan serta mengganggu kegiatan pertambangan rakyat yang sebelumnya sudah berjalan lebih dulu.

Ketua Dewan adat Paniai, John Gobay menyebutkan orang Papua sudah bisa kelola hasil tambangnya sendiri. Pernyataan  itu ia sampaikan  berdasarkan data yang di peroleh Dewan Adat Papua yang menunjukan semua hasil tambang di papua dikelola oleh investor.

“Bagaimana kehidupan orang papua di hari esok,  apakah visi Gubernur Papua bisa terjawab,” kata Gobay mempertanyakan.

Ia meminta agar Gubernur Papua segera menata ulang izin tambang  agar kesempatan anak Papua mengelola tambang di daerah sendiri.

“Sebagai anak daerah Gubernur Papua segera melakukan evaluasi secara totalitas atas izin usaha Pertambangan di papua,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Warga kota Jayapura temukan mortir peninggalan PD II

Selanjutnya

Partai lokal mulai didaftarkan ke komisi pemilihan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe