Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Maluku
  3. Dishub Malut larang speedboat tua beroperasi
  • Kamis, 20 Oktober 2016 — 15:38
  • 2491x views

Dishub Malut larang speedboat tua beroperasi

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang speedboat (kapal cepat) berusia tua beroperasi mengangkut penumpang.
Kapal cepat tua. --tempo.co
ANTARA
Editor : Lina Nursanty
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Ternate, Jubi - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang speedboat (kapal cepat) berusia tua beroperasi mengangkut penumpang. Pelarangan itu berlaku setelah terjadinya musibah terbakarnya speedboat Bintang Fajar di peraian Jailolo yang menewaskan tujuh penumpangnya.

"Ukuran speedboat tua tidak hanya dari segi kondisi bodinya, tetapi juga mesinnya dan untuk mengetahui semua itu akan dilakukan pengecekan pada seluruh dokumen setiap speedboat," kata Kepala Dishubkominfo Kota Ternate Faruk Albar di Ternate, Kamis (20/10/2016).

Speedboat Bintang Fajar terbakar di perairan Jailolo pada Sabtu pekan lalu dalam pelayaran dari Jalilolo, Kabupaten Halmahera Barat ke Ternate dengan dugaan sementara penyebab terbakar speedboat itu adalah mesin yang berusia tua.

Menurut Faruk Albar, Dishubkominfo Ternate kini mulai melakukan pengecekan seluruh speedboat yang beroperasi di Ternate dan jika ditemukan ada speedboat berusia tua akan dilarang beroperasi, kecuali pemiliknya segera menggatinya dengan yang baru.

Larangan beroperasi juga akan diberlakukan kepada speedboat yang tidak memiliki fasilitas keselamatan penumpang, seperti pelampung, kompas dan radio, termasuk yang motorisnya tidak memiliki keahlian yang dibuktikan dengan surat kecakapan melaut.

Menurut dia, keberadaan speedboat di Ternate sebagai sarana angkutan laut sulit dihilangkan, karena sampai saat ini menjadi sarana transportasi utama bagi masyarakat, khususnya yang menghubungkan Ternate dengan sejumlah kota terdekat, seperti Tidore Kepulauan, Sofifi, ibu kota Provinsi Malut dan Jailolo.

Di Kota Ternate saat ini ada 300 lebih speedboat yang beroperasi, sebagian besar melayani rute Ternate-Tidore dan Ternate-Sofifi dengan waktu operasi mulai jam 06.00 WIT sampai 18.00 WIT. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Dua korban kecelakaan perahu cepat masih hilang

Selanjutnya

Malut tidak sediakan lahan baru untuk transmigran

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe