Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Petugas medis tetap diminta disediakan di Korowai
  • Kamis, 19 Oktober 2017 — 23:33
  • 803x views

Petugas medis tetap diminta disediakan di Korowai

"Banyak orang sakit di sini, baik penyakit yang berat seperti malaria, kurang gizi, dan TBC, namun tidak ada penanganan serius. Jika ada, itu pun dari pelayanan gereja dan diambil sendiri oleh penginjil Burukmahkot Nataber Alia," sampainya.
Ketua Kopkedat Papua Yan Akobiarek saat menyerahkan buku tulis untuk anak-anak Korowai di Kampung Ayak, yang diterima oleh penginjil Saul Wisal suku Unaukam - Agus Pabika/Jubi
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Danowage, Jubi - Kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan di Korowai sangat tinggi, namun pelayanan kesehatan dari pemerintah tidak ada.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kopkedat Papua, Yan Akobiarek kepada Jubi, Rabu, (18/10/2017), di Korowai.

"Banyak orang sakit di sini, baik penyakit yang berat seperti malaria, kurang gizi, dan TBC, namun tidak ada penanganan serius. Jika ada, itu pun dari pelayanan gereja dan diambil sendiri oleh penginjil Burukmahkot, Nataber Alia," sampainya.

Lanjutnya, jika mengobati warga, penginjil harus menempuh perjalanan lewat sungai menggunakan perahu selama 1 sampai 2 hari, untuk tiba di Yahukimo. Setelah mengambil obat, mereka pulang lagi ke kampung.

"Namun obat yang diberikan biasanya sudah kedaluarsa. Kami temui kasus itu 2016 lalu. Yang menjadi kendala selama ini juga transportasi, untuk melakukan pelayanan pengobatan di kampung-kampung di Korowai," jelasnya.

Sementara itu penginjil Gereja Reformasi Papua (GJRP), Nataber Alia, mengatakan di Kampung Burukmahkot meski ada Pustu dan rumah tenaga medis yang dibangun 2013 dan 2017, namun sampai saat ini belum ditempati. Bangunan itu dibuat pemerintah daerah Yahukimo.

"Ada satu Pustu dan dua bangunan rumah sehat untuk petugas, namun sampai saat ini belum ditempati dan Pustu juga kosong, jadi saya sendiri harus jalan kaki dan ambil obat di Yahukimo," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Lima daerah di Korowai, diminta jadi perhatian serius Pemprov Papua

Selanjutnya

Ciptakan keamanan kampus, Rektor Uncen siapkan tiga langkah prioritas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe