Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Ciptakan keamanan kampus, Rektor Uncen siapkan tiga langkah prioritas
  • Jumat, 20 Oktober 2017 — 15:37
  • 275x views

Ciptakan keamanan kampus, Rektor Uncen siapkan tiga langkah prioritas

Untuk menciptakan suasana kuliah yang kondusif, Rektor Uncen, Dr Apollo Safanpo, MT menyiapkan tiga langkah prioritas untuk memulihkan keamanan kampus universitas tersebut.
Pimpinan Universitas Cenderawasih saat berfoto bersama wartawan dan pimpinan media di Jayapura - Jubi/Angela
Angela Flassy
angela@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Untuk menciptakan suasana kuliah yang kondusif, Rektor Uncen, Dr Apollo Safanpo, MT menyiapkan tiga langkah prioritas untuk memulihkan keamanan kampus universitas tersebut.

“Untuk jangka pendek, kami akan memaksimalkan keamanan internal kampus seperti satpam dan resimen mahasiswa,” katanya saat menggelar coffee morning dengan pimpinan media di Jayapura, Kamis (19/10/2017).

Munculnya kasus ‘manusia bertopeng' di kampus universitas yang berdiri tahun 1962 tersebut beberapa waktu lalu, menyebabkan proses belajar mengajar hanya berlangsung hingga pukul 15.00 WIT.

Apollo menegaskan untuk penanganan jangka menengah pihaknya akan mencari pola agar menindak setiap pelanggaran hukum di kampus. Setiap pelanggar akan diproses sesuai aturan akademis maupun hukum positif di Indonesia.

“Kami sudah bertemu dengan Kapolda dan Kapolres untuk membantu persoalan ini. Lingkungan kampus Uncen ini terlalu tidak luas, harusnya bisa diatasi,” jelasnya.

Program jangka panjang, pihaknya akan mendesain kurikulum untuk membina mahasiswa, khususnya mental mahasiswa, untuk turut bertanggung-jawab terhadap keamanan kampus.

“Jika suasana kampus kondusif, dosen dan pegawai dapat mengeksplorasi kemampuannya dengan maksimal. Jika sudah ada ketenangan dan kenyamanan, fasilitas, kurikulum, hingga praktik mahasiswa dapat dilakukan dengan semestinya. Kompetensi dasar mahasiswa dapat tercapai. Akhirnya kualitas Uncen akan sama dengan universitas di luar Papua,” jelas rektor yang baru dilantik September lalu.

Ia pun minta semua pihak melihat mahasiswa sebagai harta yang harus dijaga dan dibina bersama, sehingga tidak memanfaatkan mahasiswa untuk kepentingan pribadi atau golongan.

“Apalagi jelang Pilkada seperti sekarang. Saya tidak melarang, tapi saya mohon, biarkan mahasiswa belajar dengan baik. Mereka adalah masa depan Papua,” katanya.

Pembantu Rektor III, Dr Jonathan Wororomi, menambahkan banyak yang harus dilakukan untuk membenahi Uncen, mulai dari pembenahan sistem informasi akademik, pembinaan mahasiswa, sampai pemulihan keamanan kampus.

“Uncen ini aset kita bersama. Menjadi tugas kita semua untuk mengembangkan Uncen, membina mahasiswa, sehingga Uncen bukan saja menjadi tempat belajar, tetapi tempat riset untuk memecahkan permasalahan di daerah ini,” katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Petugas medis tetap diminta disediakan di Korowai

Selanjutnya

PIS dan KP2I sosialisasikan pecegahan kanker serviks

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe