Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Sulawesi
  3. Ramai -ramai menolak taksi online
  • Senin, 23 Oktober 2017 — 17:41
  • 1278x views

Ramai -ramai menolak taksi online

Kementerian Perhubungan menggelar sosialisasi rancangan revisi Peraturan Menteri Perhubungan no.26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek serempak di 7 kota.
Ilustrasi. Merdeka.com/Jubi
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manado, Jubi - Ribuan sopir angkutan kota (angkot) berbagai jurusan di Manado melakukan aksi demo menolak kehadiran taksi online, Senin (23/10/2017) siang. Selain berdemo, mereka mogok dan tak menarik penumpang.

Sekitar pukul 12.00 siang aksi dimulai. Kantor Dinas Perhubungan dan Kantor Gubernur Sulawesi Utara menjadi sasaran awal aksi. Para orator silih berganti menyuarakan keinginan mereka menolak kehadiran taksi online.

Pendemo kemudian berpencar dan sebagian menyasar Kantor Go-Jek di Kawasan Boulevard Mall, Sario. Di lokasi ini, ratusan petugas Dalmas Polresta Manado telah berjaga. Orasi hanya berjalan sekitar 30 menit dengan penjagaan ketat polisi yang membentuk pagar betis di depan pintu masuk kantor.

Para sopir melanjutkan aksi mogok di kawasan zero point pusat kota. Sempat terjadi insiden kecil di lokasi ini saat petugas mencoba membubarkan aksi. Pendemo yang tak terima bertahan dan menolak dibubarkan. Hingga berita ini diturunkan, mereka masih bertahan di kawasan zero point. Rencananya aksi ini bakal dilakukan selama empat hari.

Mengantisipasi mogok para sopir, polisi menyiagakan ratusan personel. "Anggota polres 300 di backup Polda sekitar 200 termasuk personil yang terlibat operasi pekat," ujar Kabag Ops Polresta Manado Kompol Saptia Adi Sudirna.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menggelar sosialisasi rancangan revisi Peraturan Menteri Perhubungan no.26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek serempak di 7 kota.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan menyebutkan 7 kota yang akan dilangsungkan sosialisasi tersebut adalah Medan, Palembang, Bandung, Balikpapan, Semarang, Surabaya dan Makassar.

"Sasaran sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat baik pelaku usaha, pengguna jasa serta seluruh stakeholder transportasi, terkait hal-hal yang akan diatur mengenai Angkutan Sewa Khusus," kata Ihwan melalui keterangan resminya, Sabtu (21/10/2017).

Dia menambahkan, revisi dan penyempurnaan permenhub ini adalah untuk memberikan kepastian hukum terhadap aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, kesetaraan, keterjangkauan, dan keteraturan serta menampung perkembangan kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan umum.

Menurutnya, dalam bidang transportasi faktor harga murah bukan segalanya. Justru masyarakat harus curiga jika ada penyedia transportasi yang memberi harga murah bahkan sampai gratis.

Harus ada perhitungan harga yang jelas. Apalagi menyangkut keselamatan masyarakat yang menjadi penumpangnya. Jangan sampai komponen perawatan kendaraan dihilangkan demi mendapatkan harga murah. Oleh karena itu, salah satu yang akan disosialisasikan adalah masalah tarif.

"Selain masalah tarif, ada beberapa materi yang dibahas pada revisi PM 26/2017 antara lain argometer taksi, wilayah operasi, kuota, persyaratan minimal 5 kendaraan bagi badan usaha, bukti kepemilikan kendaraan, Domisili TNKB, SRUT, Peran Aplikator, Stiker ASK, Kewajiban Asuransi, Kewajiban Aplikator, Sanksi dan lain sebagainya. Poin-poin tersebut akan disosialisasikan kepada seluruh stakeholder dan masyarakat," tutup Ihwan.(*)

Sumber: Merdeka.com/Antara
 


 


 


 

loading...

#

Sebelumnya

Manado bakal gelar festival natal spektakuler

Selanjutnya

Sultra butuh tambahan guru daerah terpencil

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe