Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. MK menolak tiga gugatan paslon bupati Jayapura 
  • Senin, 23 Oktober 2017 — 22:20
  • 1796x views

MK menolak tiga gugatan paslon bupati Jayapura 

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang sengketa hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Jayapura tahun 2017 dan menolak gugatan tiga paslon dalam sidang putusan MK yang digelar di ruang sidang MK, Senin (23/10/2017).
Mathius Awoitauw ketika foto bersama tim kuasa hukum usai sidang di MK – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang sengketa hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Jayapura tahun 2017 dan menolak gugatan tiga paslon dalam sidang putusan MK yang digelar di ruang sidang MK, Senin (23/10/2017).

MK menolak gugatan Paslon nomor 58/PHP/BUP - XV/2017, 58/PHP/BUP-XV/2017, 60/PHP/BUP-XV/2017 yang diajukan oleh Jansen Monim, Gotlif Ohee, dan Yanni.

Dalam sidang tersebut MK menyebutkan, hasil pemungutan suara pada 15 Februari 2017 dan PSU 23 Agustus 2017 adalah suara sah, dengan selisih suara yang cukup jauh. Oleh karena itu, gugatan tiga pemohon tidak dapat diterima. 

Sidang yang dipimpin Arif Hidayat dan anggota Suhartoyo, Maria Farida Indrati, Anwar Usman, Aswanto, Saldi Isra, Wahduddin Adams, dan Manahan Sitompol yang dimulai pukul 14.10 WIB dan berakhir pukul 15. 12 WIB itu berjalan dengan baik. 

Kuasa Hukum Pasangan Mathius Awoitauw dan Giri Wijiantoro, Taufik Basari, usai sidang mengatakan pihaknya sangat bersyukur atas putusan MK yang telah membacakan putusan atas kemenangan Mathius dan Giri Wijiantoro.

Menurutnya, putusan MK merupakan tahapan terakhir dari proses pilkada kabupaten Jayapura. Kini masih menunggu keputusan penetapan paslon terpilih oleh KPU kabupaten Jayapura. 

“Keputusan ini sudah disahkan oleh MK dan final hari ini. Kita tinggal menunggu penetapan dari KPU soal penetapan calon terpilih,” kata Taufik.

Salah satu paslon, Mathius Awoitauw, menyatakan ungkapan syukurnya kepada seluruh masyarakat kabupaten Jayapura, tim kuasa hukum, dan semua pasangan calon yang sudah bersama-sama bersaing dalam pilkada.

“Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh masyarakat kabupaten Jayapura, terutama masyarakat adat yang akan merayakan HUT ke-4, dan semua paslon yang sudah bersama dalam proses demokrasi di kabupaten Jayapura,” ujarnya.  

Dirinya akan mengajak dan mengikutsertakan paslon yang telah menjadi lawan dalam proses pilkada ini. Hal ini dimaksud agar pembangunan yang akan berjalan lima tahun mendatang dikerjakan secara bersama-sama. 

“Putusan sudah final hari ini. Inilah bentuk dalam proses demokrasi yang terjadi. Persaingan dan beda pendapat kita akhiri untuk bersama-sama membangun kabupaten Jayapura lima tahun mendatang,” katanya.

Dalam sidang putusan MK pasangan Jansen Monim dan Yanni tidak menghadiri sidang tersebut dan diwakili oleh kuasa hukum, serta tim sukses. Sementara pemohon lain Gotlif Ohee hadir bersama kuasa hukum dan tim sukses, termasuk Mathius Awoitauw sebagai pihak terkait yang hadir bersama kuasa hukum dan tim sukses. (*)  

 

loading...

Sebelumnya

Warung dan kios di lahan kosong pasar lama Sentani akan ditertibkan

Selanjutnya

KPU segera rapat pleno penetapan paslon terpilih 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe