Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Sembilan DAS rayakan kebangkitan masyarakat adat
  • Rabu, 25 Oktober 2017 — 11:26
  • 472x views

Sembilan DAS rayakan kebangkitan masyarakat adat

Tepat 24 Oktober empat tahun silam di Sentani, sembilan Dewan Adat Suku (DAS) di kabupaten Jayapura – Bhuyakha, Elseng, Moi, Oktim,Imbi Numbai, Tepra Yewena, Demutru, dan Jowari - menyatakan diri bangkit dan siap melaksanakan sistem pemerintahan berbasis masyarakat adat dengan memanfaatkan semua potensi sumber daya alam yang dimiliki.
Pementasan tarian adat oleh masyarakat di wilayah Jowari pada HUT ke-4 kebangkitan masyarakat adat di Sentani, Selasa (24/10/2017) - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Tepat 24 Oktober empat tahun silam di Sentani, sembilan Dewan Adat Suku (DAS) di kabupaten Jayapura – Bhuyakha, Elseng, Moi, Oktim,Imbi Numbai, Tepra Yewena, Demutru, dan Jowari - menyatakan diri bangkit dan siap melaksanakan sistem pemerintahan berbasis masyarakat adat dengan memanfaatkan semua potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Selasa (24/10/2017), mereka merayakan hari jadinya dengan penuh sukacita di lapangan upacara Gunung Merah kompleks Kantor Bupati Jayapura di Sentani dengan berbagai aksesoris kebesaran masing-masing adat.

Tampak bersama mereka merayakan hari suka cita ini, beberapa pejabat Pemerintah provinsi Papua dan kabupaten Jayapura.

Pelaksana harian (Plh) Bupati Jayapura yang diwakili Asisten I bidang Pemerintahan Setda kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, dalam sambutannya mengatakan Pemkab Jayapura dalam perjalanannya berdasarkan visi Jayapura baru dengan pendekatan pembangunan berbasis wilayah adat dan kearifan lokal, terus dilaksanakan setiap tahun dan menjadi daerah yang mengedepankan aspek pemberdayaan, penguatan, dan perlindungan kepada masyarakat adat.

"Perlu diketahui bahwa kebangkitan masyarakat adat yang tersebar pada sembilan wilayah adat di daerah ini sudah mendapat pengakuan dan legitimasi hukum berdasarkan peraturan Bupati serta peraturan daerah yang telah disahkan. Ini membuktikan bahwa pemerintah daerah sangat serius memperhatikan segala aspek pembangunan yang dilaksanakan masyarakat adat di sembilan wilayah adat tersebut," kata Abdul Rahman Basri, Selasa (24/10/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Gubernur Papua, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, yang sekaligus membuka secara resmi perayaan HUT ke-4 kebangkitan masyarakat adat di kabupaten Jayapura.

Gubernur Papua dalam sambutan yang dibacakan Asisten I mengatakan kabupaten Jayapura adalah satu-satunya daerah yang serius memperhatikan keberadaan masyarakat adat di daerahnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya legitimasi hukum berupa surat keputusan Bupati dan juga peraturan daerah yang benar-benar melindungi masyarakat adat di daerah ini.

"Ketika berbicara Papua secara utuh maka harus kembali kepada dasar keberadaan kita sebagai orang berkulit hitam dan berambut keriting. Adat sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Hanya saja, nilai dan historisnya banyak yang tidak kita aplikasikan pada generasi di jaman modern seperti saat ini. Kendati demikian belum ada kata terlambat bagi kita untuk terus menjaga dan melestarikan apa yang menjadi tradisi dan budaya kita yang sesungguhnya. Sebagai pimpinan daerah kami menyampaikan selamat kepada semua masyarakat adat di daerah ini yang terus bergumul dan berjuang dalam semua aspek pembangunan masyarakat dan juga sistem pemerintahan yang sedang dilaksankan saat ini," ujar Doren Wakerkwa.

Perayaan HUT ke-4 kebangkitan masyarakat adat di Sentani dimeriahkan antara lain tari-tarian dari sembilan dewan adat suku, sanggar tari Honong, VG Khena Mbay Umbay, dan The Sago Band. (*) 

 

loading...

Sebelumnya

KPU segera rapat pleno penetapan paslon terpilih 

Selanjutnya

Noken Papua dan Unicef gelar diskusi pengembangan strategi penjangkauan remaja luar sekolah 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe