Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Persoalan data ganda E-KTP, Pemkot Jayapura gelar operasi door to door
  • Rabu, 25 Oktober 2017 — 12:29
  • 517x views

Persoalan data ganda E-KTP, Pemkot Jayapura gelar operasi door to door

Operasi itu mencari nama-nama warga yang terdaftar ganda di dalam daftar induk kependudukan.
Kepala Distrik Jeram ketika diwawancarai wartawan, rabu (25/10/2017)
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Pemeirntah Kota Jayapura menggelar operasi yustisi dari dari pintu ke pintu langsung untuk menemukan data kependudukan warga. Kebijakan itu dilakukan terkait banyaknya data ganda dalam perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

“Paling banyak data ganda  di Distrik Heram. Untuk mencegah data ganda kependudukan kami gelar operasi yustisi door to door  dari rumah ke rumah,” kata Kepala Distrik Heram, Jaya Kusuma kepada Jubi, Rabu, (25/10/2017).

Menurut Jaya, operasi itu mencari nama-nama warga yang terdaftar ganda di dalam daftar induk kependudukan.  Bahkan ia mengaku daftar ganda KTP di distrik Heram sangat banyak.

“Ada yang mempunyai data ganda,  ada juga masyarakat yang tidak pernah perekaman e-KTP dan ada yang migrasi,” kata Jaya menjelaskan..

Ia mengaku lembaganya sudah menyediakan ruang bagi masyarakat untuk merekaman e-KTP menggunakan mobil. Keberadaan mobil untuk perekaman ditempatkan di kelurahan Waena yang lokasinya mudah didatangi.

Meski begitu saat perekaman dibuka beberapa waktu lalu yang datang hanya 35 orang dari jumlah penduduk di Kelurahan Waena lebih dari 9 ribu warga. Hal itu membuktikan kesadaran masyarakat memiliki e- KTP masih minim.

“Ini bahaya, apa lagi penggelembungan data kependudukan karena kepentingan politik. Akan menggelembungkan jumlah penduduk untuk pencoblosan,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kota Jayapura, Merlan Uloli mengatakan hingga saat ini warga Kota Jayapura yang belum perekaman e-KTP berjumlah 90 ribu jiwa.

"Termasuk di dalamnya sudah memiliki e-KTP tetapi NIKnya ganda," kata Merlan. .

Merlan memeperkirakan terdapat 70 ribu warga dewasa belum punya e-KTP, sedangkan 20 ribu remaja yang usianya menginjak ke 17 tahun juga belum punya e-KTP.

"Saat ini kami turun ke semua tempat, termasuk hari Sabtu dan Minggu.  Menggelar perekaman di tingkat RT dan RW, serta tempat ibadah di gereja dan masjid," katanya.(*)

loading...

Sebelumnya

Kebut perekaman e-KTP, Pemkot Jayapura datangi tempat ibadah

Selanjutnya

Peduli korban kebakaran, Pertamina serahkan bantuan untuk warga Weref 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe