Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Noken Papua dan Unicef gelar diskusi pengembangan strategi penjangkauan remaja luar sekolah 
  • Rabu, 25 Oktober 2017 — 13:31
  • 593x views

Noken Papua dan Unicef gelar diskusi pengembangan strategi penjangkauan remaja luar sekolah 

Yayasan Noken Papua dan United Nations Childrens Found (Unicef) menggelar diskusi dan konsultasi terarah dengan berbagai instansi terkait untuk mensinergikan Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) yang belum efektif menjangkau remaja luar sekolah. 
Suasana diskusi dan konsultasi strategi penjangkauan remaja luar sekolah - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Yayasan Noken Papua dan United Nations Childrens Found (Unicef) menggelar diskusi dan konsultasi terarah dengan berbagai instansi terkait untuk mensinergikan Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) yang belum efektif menjangkau remaja luar sekolah. 

Dalam kegiatan tersebut Dinas Pendidikan kabupaten Jayapura dan Unicef memberikan materi terkait program pemerintah untuk remaja luar sekolah (Kejar paket B) dan kondisi kesehatan bagi remaja secara umum serta kebutuhan ketrampilan abad 21.

Kegiatan ini diikuti perwakilan kelompok  masyarakat, UNI Papua, sekolah adat, BKKBN, dan sejumlah lomunitas pemuda di kabupaten Jayapura. 

Program Manajer Yayasan Noken Papua, Nani Ujie Pundu, mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah memberikan gambaran program kecakapan hidup sehat serta mengembangkan langkah strategis dalam menjangkau remaja luar sekolah di kabuaten Jayapura. 

"Kita akan membuat rencana tindak lanjut program strategis yang telah dikembangkan dengan sasaran khusus bagi remaja luar sekolah di daerah ini. Data WHO, yang termasuk remaja adalah mereka yang berusia 10-19 tahun. Undang-undang No 23 tahun 2002 menyebutkan anak hingga remaja berada pada usia 18 tahun. Sementara data sensus penduduk tahun 2010, populasi remaja secara nasional berada pada angka 19 persen dari jumlah penduduk Indonesia," jelas Nani, saat ditemui di Sentani, Selasa (24/10/2017).

Dijelaskan, Unicef dan Dinas Pendiidkan Provinsi Papua telah menggagas PKHS pada tahun 2010 sebagai perwujudan dari pendidikan karakter untuk meningkatkan kecakapan hidup remaja. Dari hasil evaluasi ternyata program PKHS ini tidak berjalan efektif dan tidak menjangkau remaja luar sekolah. 

“Dari kekurangan ini sangat perlu untuk dilakukan evaluasi menyeluruh, baik di lingkup pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat dan kelompok masyarakat untuk melakukan program peningkatan kemampuan remaja dalam mencegah masalah kesehatan, pendidikan, dan peningkatan kemampuan kecakapan hidup di kalangan remaja. Secara khusus kemampuan komunikasi, mendeteksi risiko, dan mengambil keputusan," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS pada Dinas Pendidikan kabupaten Jayapura, Milka Ernawati Reba, mengatakan program yang dirancang ini sangat penting bagi remaja luar sekolah tetapi juga sebagai bahan masukan pengetahuan bagi semua masyarakat terkait kemampuan dalam berkomunikasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua.

"Kami memberikan apresiasi terhadap instansi terkait yang banyak memberikan masukan terhadap program PKHS ini. Karena pendidikan berkarakter bagi generasi muda secara khusus remaja luar sekolah harus menjadi perhatian kita bersama. Apalagi di zaman moderen seperti saat ini segala sesuatu dapat dilakukan tanpa ada pertimbangan yang matang. Melalui sinergitas antara institusi terkait kita perlu melakukan evaluasi dan juga diskusi serius untuk melaksanakan program ini," ungkapnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Sembilan DAS rayakan kebangkitan masyarakat adat

Selanjutnya

Besok, pleno penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe