Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Masyarakat pulau Doom Sorong konsumsi air laut
  • Kamis, 26 Oktober 2017 — 11:09
  • 969x views

Masyarakat pulau Doom Sorong konsumsi air laut

Masyarakat pulau Doom Kota Sorong mengkonsumsi air laut yang telah diolah menjadi air bersih siap konsumsi. Alat untuk mengolah air laut menjadi air layak konsumsi ini adalah bantuan pemerintah pusat.
Kehidupan masyarakat pulau Doom, sebuah pulau kecil yang terpisah dari daratan besar dan masuk wilayah kota Sorong, Papua Barat. Becak menjadi transportasi andalan di pulau tersebut. Pemenuhan kebutuhan air bersih di pulau ini sering menjadi masalah – Jubi/IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sorong, Jubi - Masyarakat pulau Doom Kota Sorong mengkonsumsi air laut yang telah diolah menjadi air bersih siap konsumsi. Alat untuk mengolah air laut menjadi air layak konsumsi ini adalah bantuan pemerintah pusat.

Kepala UPTD Air Minum Kota Sorong, Marlius Radan, di Sorong, Rabu (25/10/2017), mengatakan guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat pulau Doom, pemerintah membangun sistem pengolahan air laut menjadi air bersih yang siap dikonsumsi.

Dia menjelaskan setelah dibangun fasilitas tersebut, masyarakat setempat banyak yang memanfaatkan air laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus membeli air ke kota Sorong.

"Sebelumnya masyarakat pulau Doom membeli air bersih di kota Sorong. Harga satu galon bisa mencapai Rp 50 ribu karena biaya transportasi mahal," ujarnya.

Dibangunnya sistem pengolahan air laut menjadi air bersih yang langsung bisa dikonsumsi tersebut member kesempatan masyarakat menikmati air bersih dengan harga Rp 5.000 per satu galon.

Karena itu, kata dia, masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat karena program pengelolaan air bersih tersebut menjawab kesulitan air bersih yang dialami masyarakat selama ini.

Dikatakan, mesin yang digunakan untuk mengelola air laut menjadi air bersih mampu menghasilkan air bersih siap dikonsumsi sebanyak 9.000 liter per jam.

"Kualitas air yang dihasilkan oleh mesin tersebut telah uji oleh laboratorium kesehatan nasional, hasilnya sangat baik dan layak konsumsi," ungkapnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Gerakan sekolah sungai upaya kelola risiko bencana

Selanjutnya

Sebanyak 101 desa di Papua dan Papua Barat teraliri listrik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe