Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pemekaran kampung di Paniai merepotkan komisi pemilihan
  • Jumat, 27 Oktober 2017 — 07:47
  • 1116x views

Pemekaran kampung di Paniai merepotkan komisi pemilihan

Karena menyangkut kesesuaian daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).
Ketua KPUD Paniai, Yulius Gobay (tengah), Ance Boma anggota KPUD Paniai (kanan) sedang berbincang dengan staf DPMK Paniai – Jubi/Abeth You
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Paniai, Jubi – Pemekaran kampung di Kabupaten Paniai belum punya dasar hukum  dinilai merepotkan komisi pemilihan setempat, karena menyangkut kesesuaian daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).

“Apakah DPS dan DPT itu dari kampung dan distrik lama atau gabung dengan baru dalam Pilkada Bupati dan Gubernur 2018 nanti,” kata ketua KPUD Paniai, Yulius Gobay kepada Jubi, Kamis, (26/10/2017).

KPUD Paniai  berencana mengundang Bupati, DPRD dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) meminta dasar hukum pemekaran sejumlah kampung dan distrik baru. Ia meyebutkan pemekaran kampung dan distrik itu mencapai ratusan.

Dasar hukum yang akan diminta  berupa Peraturan Daerah (Perda) yang telah disahkan oleh 25 orang DPRD Paniai dan bukti terdaftar di Kemendagri. “Jika itu tidak ada, maka kami berkeyakinan menggunakan kampung dan distrik lama,” kata Yulius menjelaskan .

Tercatat kabupaten Paniai awalnya punya 70 kampung dan 10 distrik, namun sejak pertengahan tahun 2015 lalu, Pemda setempat memekarkan daerah  menjadi  216  kampung dan 23 distrik.

Devisi Hukum KPUD Paniai, Zebulon Gobay, mengatakan  tetap mengacu pada aturan perundang-undangan yang  mengingkat tentang pemekaran kampung dan distrik tersebut.

“Ini cara kami untuk membangun kabupaten Paniai yang baik. Kami tidak mau main di luar aturan dan tidak mau ketinggalan dengan pembangunan dari daerah lain,” kata Zebulon.

Ia mengharap ketebukaan dari Pemerintah Daerah demi menyatukan persepsi dalam penyambutan pesta demokrasi ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Tujuh rumah warga di Yahukimo terbakar

Selanjutnya

Lucu, penjual ojek tawarkan Cap Tikus ke orang yang salah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe