Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. November 2017, Parade budaya Papua dan Nusantara
  • Jumat, 27 Oktober 2017 — 14:49
  • 981x views

November 2017, Parade budaya Papua dan Nusantara

Alberth Wanimbo (tengah) bersama tim relawan LE for Papua Jilid II. -IST
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – November 2017, Jayapura akan dimeriakan dengan parade budaya Papua dan Nusantara. Parade tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecintaan terhadap warisan nenek moyang serta menjaga dan melestarikan di era milenial ini.

Hal tersebut disampaikan Alberth Wanimbo, Ketua Relawan LE for Papua Jilid II. “Tanggal 25 November besok kita bikin ribuan orang turun jalan, pakai baju adat masing-masing. Ini terbuka untuk seluruh warga di Papua, dari masing-masing wilayah adat untuk yang Papua maupun teman-teman nonpapua,” katanya di Jayapura, Jumat (26/10/2017).

Ia meminta masyarakat dari lima wilayah adat: Mamta, Lapago, Meepago, Anim Ha, dan Saireri, untuk mulai mempersiapkan diri menampilkan atraksi budayanya. Begitu pula warga Papua dari nusantara,

“Kawan-kawan dari nonpapua, Batak, Dayak, Makassar, Buton, Bugis, Toraja, Minahasa, Lobamora, Maluku, atau siapa saja di Papua ini, bisa datang dengan pakaian adatnya masing-masing,” ajaknya.

Lukas Enembe Tokoh Besar Papua

Dijelaskannya, parade budaya itu akan dilakukan di lapangan Theys H. Eluay, Kabupaten Sentani, dengan estimasi peserta dan pengunjung hingga ribuan orang. “Dalam proses itu, kita akan mengangkat Beliau, Pak Lukas Enembe sebagai tokoh besar Papua,” ucapnya.

Untuk mensukseskan giat tersebut, tim relawan LE mulai bersosialisasi kepada masyarakat umum dari tingkat kabupaten hingga distrik dan kampung. Menurut Alberth, pendukung Gubernur Papua saat ini akan mengambil bagian dalam acara tersebut.

“Minggu depan, tim relawan akan mengirim tim ke semua wilayah adat sampai tingkat kabupaten dan distrik untuk sosialisasi dan konsoldasi menyeluruh, sekaligus sebarluaskan informasi ini sampai ke akar rumput,” ujarnya.

Sekretaris Relawan LE, Asri Gombo, ditempat yang sama mengatakan pihaknya akan membuka pusat informasi publik untuk parade budaya

mengajak seluruh warga Papua untuk mengambil bagian dalam acara besar tersebut. Baginya, kesuksesan acara besar tersebut bisa terwujud dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat.

“Kegiatan besar ini kita tidak bisa kerja tanpa dukungan rakyat di Papua. Jadi, dalam bentuk materi, moril, itu yang kami minta,” harapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

6-11 November, pameran kinerja Lukas Enembe

Selanjutnya

Balai bahasa Papua terus memasyarakatkan bahasa dan sastra

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe