Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. KPU: Keputusan MK final dan mengikat
  • Jumat, 27 Oktober 2017 — 16:51
  • 518x views

KPU: Keputusan MK final dan mengikat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengatakan keputusan sidang Mahkamah Konstitusi, Rabu (23/10/2017), sudah final dan tidak bisa diganggu gugat lagi karena sifatnya mengikat. Ini keputusan tertinggi yang dikeluarkan oleh lembaga tinggi negara.
Penyerahan SK Penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Jayapura oleh Komisioner KPU, Betriks Wanane, kepada Mathius Awoitauw sebagai bupati terpilih - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengatakan keputusan sidang Mahkamah Konstitusi, Rabu (23/10/2017), sudah final dan tidak bisa diganggu gugat lagi karena sifatnya mengikat. Ini keputusan tertinggi yang dikeluarkan oleh lembaga tinggi negara.

Penegasan ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy, yang juga Ketua KPU kabupaten Jayapura, usai Rapat pleno penetapan Mathius Awoitauw dan Giri Wijiantoro sebagai Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Jayapura di Kantor KPU Provinsi Papua, Kamis (26/10/2017) malam.

"Penetapan ini adalah akhir dari keputusan Mahkamah Konstitusi yang memerintahkan KPU untuk melaksanakan pleno penetapan setelah tiga hari dari keputusan. Keputusan MK juga sudah final dan mengikat serta tidak bisa diganggu gugat lagi. Sebab kalau dilaksanakan kurang atau lebih dari tiga hari maka dampaknya akan fatal bagi kita sebagai penyelenggara," jelas Adam Arisoy 

Disinggung terkait aksi walk out oleh Paslon nomor 1, 3, dan 5 dalam pleno tersebut, serta rekomendasi Bawaslu RI yang belum dilaksanakan oleh KPU Provinsi Papua. Adam mengatakan hanya orang yang tidak paham aturan saja yang melakukan aksi tersebut. 

"Sekalipun rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu, ini keputusan tertinggi oleh konstitusi di negara Republik Indonesia. Kita juga sudah memikirkan apa dampak yang terjadi. Kalau disebut rapat pleno ini kesannya dilaksanakan itu tidak benar karena yang meminta kita melaksanakan pleno adalah putusan MK. Setelah tiga hari putusan maka KPU wajib melaksanakan pleno penetapan," ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Mathius Awoitauw dan Giri Wijiantoro, menyampaikan banyak terim kasih kepada KPU Provinsi Papua dan juga seluruh masyarakat kabupaten Jayapura yang telah bersabar dan mendukung proses demokrasi ini berjalan sampai selesai.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang benar-benar bersabar dan menyukseskan proses demokrasi pemilihan kepala daerah ini dengan baik hingga selesai," ucap Mathius Awotauw 

Sementara dari aksi walk out oleh tiga paslon lain menyampaikan keberatan terhadap proses pleno penetapan KPU provinsi Papua yang adalah KPU kabupaten Jayapura melalui surat pernyataan sikap yang dibacakan oleh Jansen Monim. 

Dalam surat pernyataan tersebut satu point penting yang dibacakan adalah ketiga paslon mempertanyakan rekomendasi Bawaslu RI yang dikeluarkan pada tanggal 20 September 2017 terhadap pembatalan Mathius Awoitauw sebagai calon Bupati Jayapura.

"Rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu RI secara aturan perundang-undangan harus ditindaklanjuti oleh KPU. Dalam putusan MK menyebutkan MK tidak memberikan penilaian serta kewenangan untuk memutuskan rekomendasi tersebut. Dengan demikian rekomendasi tersebut secara aturan perundang-undangan yang berlaku harus ditindaklanjuti oleh KPU provinsi Papua yang juga sebagai KPU kabupaten Jayapura. Kami paslon 1, 3, dan 5 minta kepada KPU untuk tidak melaksanakan pleno penetapan paslon terpilih sebelum rekomendasi Bawaslu RI ditindaklanjuti," kata Jansen Monim. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Menjelang HUT GKI dan peringatan Sumpah Pemuda, ratusan siswa SMAN 1 Sentani bersihkan kota 

Selanjutnya

Kabupaten Jayapura kembali terima penilaian WTP 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe