Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kejari Mimika gelar sosialisasi hukum di SMP Negeri 5 Timika
  • Sabtu, 28 Oktober 2017 — 09:55
  • 1299x views

Kejari Mimika gelar sosialisasi hukum di SMP Negeri 5 Timika

"Dalam UU 16 tahun 2004 menyebutkan bahwa Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan pada pelaksanaannya diperkuat dengan dasar-dasar," ujarnya. 
Kepala seksi intel Kejari Mimika Yasozisokhi Zebu SH ketika memberikan penyuluhan hukum di hadapan ratusan siswa SMP Negeri 5 Mimika di Timika, Jumat (27/10) (Foto: Antara Papua/Jeremias Rahadat)
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi - Kejaksaan Negeri Mimika, Timika, Papua, melakukan sosialisasi hukum terhadap 427 siswa SMP Negeri 5 Mimika, Jumat (27/10/2017).

Kasi Intel Kejari Mimika Yasozisokhi Zebu di Timika, mengatakan program jaksa masuk sekolah (JSM) yang dilaksanakan di sejumlah sekolah di wilayah itu, salah satunya di SMP Negeri 5 merupakan program Kejaksaan dalam rangka penyuluhan dan penerangan hukum kepada masyarakat termasuk para pelajar di wilayah itu. 

Selain itu program JSM tersebut kata Yasozisokhi merupakan salah satu tupoksi Kejaksaan RI pada Bidang Intelijen sebagaimana dalam UU nomor 16 tahun 2004 Tentang Kejaksaan pada pasal 30 ayat (3) huruf a dalam bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum.

"Dalam UU 16 tahun 2004 menyebutkan bahwa Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan pada pelaksanaannya diperkuat dengan dasar-dasar," ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa hal tersebut juga diperkuat dengan Keputusan Jaksa Agung RI No. Kep-001a/A/JA/01/2006 tanggal 2 Januari 2006 tentang Pelaksaan Penyuluhan dan Penerangan Hukum dan Keputusan Jaksa Agung RI No. Kep-184/A/JA/11/2015 tentang pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah.

Dalam kegiatan tersebut Yasozisokhi bersama pegawai kejaksaan yang lain memaparkan materi antara lain berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan dalam sistem penegakan hukum, UU ITE Dalam Penggunaan Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar, dan UU Perlindungan Anak.

Ia juga berharap agar dengan digelarnya kegiatan tersebut secara rutin di setiap sekolah, maka kesadaran hukum para siswa di wilayah itu semakin tinggi sehingga berkurannya perilaku-perilaku yang menyimpang dengan hukum dan UU yang berlaku. (*)

loading...

Sebelumnya

Para pemimpin gereja di Papua desak ULMWP lakukan rekonsiliasi

Selanjutnya

Kematian warga Samenage terindikasi pelanggaran HAM

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe