Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Peringati Sumpah Pemuda, pemuda Sentani bersihkan sampah di kampung Toladan 
  • Minggu, 29 Oktober 2017 — 17:06
  • 327x views

Peringati Sumpah Pemuda, pemuda Sentani bersihkan sampah di kampung Toladan 

Pemuda peduli lingkungan keluarahan Sentani Kota distrik Sentani dan pengelola bank sampah Khena Mbay Umbay, Jumat (27/10/2017), membersihkan sampah nonorganik di sepanjang jalan lingkungan RW VI kampung Toladan Sentani dan jalan menuju Ifar Gunung.
Pengelola bank sampah Khena Mbay Umbay dan pemuda peduli lingkungan kelurahan Sentani kota saat membersihkan sampah di sepanjang jalan Toladan dan Ifar Gunung - Jubi/IST 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Pemuda peduli lingkungan keluarahan Sentani Kota distrik Sentani dan pengelola bank sampah Khena Mbay Umbay, Jumat (27/10/2017), membersihkan sampah nonorganik di sepanjang jalan lingkungan RW VI kampung Toladan Sentani dan jalan menuju Ifar Gunung.

Pengelola bank sampah Khena Mbay Umbay, Farah Febriyanti, mengatakan gerakan yang dilakukannya bersama pemuda kelurahan Sentani Kota dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan bakti sosial ini sebagai langkah mengajak masyarakat untuk peka terhadap lingkungan dimana mereka tinggal.

"Kita bersyukur ada 500 kg sampah yang sudah kita kumpul dari kerja kita disini. Selain sampah nonorganik ada juga sampah yang tidak dapat didaur ulang yang kita bersihkan di tengah lingkungan masyarakat di kampung Toladan serta sepanjang jalan menuju Ifar Gunung. Kita berharap dari kegiatan seperti ini dapat menggerakkan para pemuda lebih peka terhadap lingkungan dimana mereka tinggal," jelas Farah Febriyanti, saat ditemui di Sentani, Sabtu (28/10/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan sehari sebelum peringatan sumpah pemuda itu melibatkan puluhan pemuda yang ada di sekitar tempat kegiatan. Farah menjelaskan kegiatan yang sama akan terus dilaksanakan pada setiap hari Jumat. Sampah yang terkumpul akan dibawah ke penampungan bank sampah.

"Dari kegiatan seperti ini kita juga menginginkan ada partisipasi aparat pemerintah setempat supaya dapat mengakomodir semua masyarakat dan terutama para generasi muda untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan termasuk memberikan sosilisasi dan juga fasilitas pendukung. Karena kampung Toladan ini juga terletak di tengah alur dua sungai besar di kiri dan kanan yang muaranya di danau Sentani," ujarnya.

Koordinator Pemuda Peduli Lingkungan kelurahan Sentani Kota, Manase Taime, mengaku kegiatan yang dilakukan pihaknya bersama bank sampah sangat bermanfaat bagi keberadaan masyarakat sekitar. Hanya saja dukungan pemerintah yang hingga saat ini juga belum nampak.

"Gerakan pemuda peduli lingkungan sudah kita bentuk sejak lama. Hanya saja untuk menjalankannya memang membutuhkan proses. Karena pemuda kita dengan latar belakang kehidupannya berbeda-beda serta pemahaman yang belum ada terkait lingkungan sehingga dengan memanfaatkan potensi yang ada kita terus berjalan untuk menjaga dan mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang dihasilkan dari rumah masing-masing. Dukungan pemerintah masih kita harapkan, misalnya kegiatan kemarin hanya Ketua DPRD yang memberikan bantuan dana kepada kita untuk sekedar membeli minum dan makan bagi pemuda yang yang bersihkan lingkungan disini," ungkapnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Kabupaten Jayapura kembali terima penilaian WTP 

Selanjutnya

Diklat aparatur tingkat III dan IV ditutup, ada yang tidak lulus 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe