Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Spanyol resmi ambil alih Catalonia
  • Minggu, 29 Oktober 2017 — 15:23
  • 777x views

Spanyol resmi ambil alih Catalonia

pemerintah Spanyol sudah memecat kepala kepolisian Catalonia, Josep Luis Trapero yang menerima keputusan pemerintahan Catalan. Saat ini, posisi Trapero sebagai Kepala Kepolisian Catalonia digantikan oleh Feraan Lopez.
Orang-orang menyanyikan lagu kebangsaan Catalan setelah parlemen daerah Catalan mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol di Barcelona, Spanyol, 27 Oktober 2017. Reuters/Jubi.
Syam Terrajana
syam@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Catalonia, Jubi - Pemerintah Spanyol resmi mengambil alih kendali pemerintahan Catalonia yang disebut Generalitat, Sabtu (28/10).

Bertindak sebagai pemegang kekuasaan tertinggi adalah Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy. Dia memegang kekuasaan atas fungsi presiden Generalitat.

Rajoy menugaskan Wakil Perdana Menteri Soraya Saenz de Santamaria sebagai Wakil Presiden Catalonia.

Selain itu, menteri-menteri Spanyol juga mengambil alih departemen yang ada di bawah Generalitat.

Sebelumnya, pemerintah Spanyol sudah memecat kepala kepolisian Catalonia, Josep Luis Trapero yang menerima keputusan pemerintahan Catalan. Saat ini, posisi Trapero sebagai Kepala Kepolisian Catalonia digantikan oleh Feraan Lopez.

Di hari yang sama, Presiden pemerintahan Catalan atau Generalitat Carles Puigdemont meminta warga Catalan untuk bersabar, menghindari kekerasan dan menjalankan upaya untuk membangun negara yang bebas.

Sebelumnya, parlemen Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Ini dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam menjelang voting di Senate Spanyol untuk memberikan pemerintah pusat, yang berpusat di kota Madrid, kekuasaan mengelola daerah itu.

Voting di parlemen ini berlangsung setelah ketegangan politik berlangsung sepekan terakhir antara Barcelona, ibu kota Catalonia, dan Madrid. Menurut media Independent, 70 dari 135 wakil rakyat di parlemen Catalan memilih merdeka dalam pemungutan suara lewat voting. Ada sepuluh perwakilan yang menolak dan dua surat suara kosong tanpa memilih.

"Pihak oposisi memilih meninggalkan ruang sidang menjelang proses voting di parlemen pada Jumat ini," begitu tulis media Independent, Jumat, 27 Oktober 2017.

Seusai pemilihan, suara tepuk tangan bergemuruh di ruang sidang parlemen Catalonia, yang diwarnai para wakil rakyat bersalaman dan berpelukan.

Ribuan orang menonton proses voting dan mengikuti proses penghitungan suara lewat layar lebar yang dipasang diluar gedung parlemen Catalonia di Barcelona. Warga terlihat menari dan berdansa setelah hasil voting yang mendukung kemerdekaan keluar.

Keputusan parlemen Catalonia ini berarti dimulainya proses pembentukan negara merdeka dengan pembuatan undang-undang dan memulai negosiasi sederajat dengan pemerintah Spanyol untuk membangun kerja sama. (*)

Sumber: CNN Indonesia/Tempo.co

loading...

#

Sebelumnya

Korsel songsong era perang jauh

Selanjutnya

Belgia siap beri suaka untuk pemimpin Catalonia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4768x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2783x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2684x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe