PapuaMart
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Ini dia buah tangan dari Nabire untuk PON Papua 2020
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 — 05:09
  • 629x views

Ini dia buah tangan dari Nabire untuk PON Papua 2020

Secara khusus untuk Kabupaten Nabire, Jeruk merupakan salah satu komoditi ungulan. “Komoditi ini akan kami dorong, baik dalam bentuk buah segar dan dalam bentuk jus atau minuman segar agar memberikan kontribusi bagi para Atlet pada PON 2020," kata Victor Y. Sawo.
Jeruk Nabire - Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Nabire, Jubi – Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire sedang mempersiapkan berbagi upaya baik sarana serta bahan baku untuk menjamu Peserta PON Papua 2020 nanti.

“Setiap daerah-daerah sentra produksi didorong untuk menghadirkan komoditi-komoditi unggulannya dan perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan pada pelaksanaan even tersebut nanti,” kata Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire, Victor Y. Sawo kepada Jubi, beberapa waktu lalu.

Secara khusus untuk Kabupaten Nabire, Jeruk merupakan salah satu komoditi ungulan.  “Komoditi ini akan kami dorong, baik dalam bentuk buah segar dan dalam bentuk jus atau minuman segar agar memberikan kontribusi bagi para Atlet pada PON 2020," kata Victor Y. Sawo.

Untuk memenuhi target, pihaknya akan berupaya meningkatkan produksi dan mutu pada tanaman jeruk di kabupaten tersebut, mulai dari pengembangan pembudidayaan tanaman jeruk agar dapat memproduksi hasil yang maksimal.

Terkait pengolahan jeruk menjadi sirup maupun jus, Victor menjelaskan pihaknya telah menyiapkan bangunan dan bahan baku.

“Nantinya dari budidaya sampai sampai pengolahan dan pemasaran dilakukan petani, namun di bawah pengawasan kami,” katanya.

Di tempat yang sama Kepala Seksi Produksi Hortikultura Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire, Ervin Patintingan  menambahkan salah satu target monitoring kolaborasi dana Otsus dari Provinsi adalah keDistrik Teluk Kimi untuk melihat komoditi jeruk yang ditanam Petani jeruk OAP.

“Meraka adalah satu kelompok tani jeruk binaan yang kami persiapkan untuk PON Papua 2020 mendatang,” katanya.

Kedepan direncanakan ada upaya akselarasi percepatan baik produksi maupun menyiapkan hasil olahan yang akan memberikan nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan Atlet.

“Jadi petani OAP khusus di Distrik Teluk kimi terus didorong untuk menunjang kegiatan tersebut lewat pembinaan baik individu maupun kelompok,"katanya.

Ditempat terpisah, ketua kelompok tani jeruk “Iva Are” Wellem Runggaweri mengatakan siap memenuhi kebutuhan pada kegiatan PON nanti.

“Khusus kelompok tani yang saya pimpin sebanyak 46 orang terdiri dari berbagai suku  dengan lahan yang dipersiapkan sebanyak 80 Ha,” katanya. (*)

Sebelumnya

Sekolah di Nabire diharapkan siap hadapi bencana

Selanjutnya

Tarif wajib lapor di jalan lintas Nabire bisa dibarter dua ekor ayam

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Tinggalkan Komentar :
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua