Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. RSUD Jayapura ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan
  • Senin, 30 Oktober 2017 — 21:35
  • 985x views

RSUD Jayapura ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan

Kebijakan itu mengacu selain melayani, RSUD Jayapura dinilai berhasil mendidik para dokter muda (koas).
Salah satu ruangan pelayanan kesehatan di RSUD Jayapura - Dok Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Papua, sebagai rumah sakit pendidikan. Kebijakan itu mengacu selain melayani, RSUD Jayapura dinilai berhasil mendidik para dokter muda (koas). 

"Ini suatu suka cita bagi pemerintah dan masyarakat Papua, karena diakhir 2017 kami bisa melaunching RSUD Jayapura sebagai rumah sakit Pendidikan, " kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty saat apel pagi, di Jayapura, Senin (30/10/2017).

Elia menyebutkan penetapan itu merupakan sejarah baru bagi Papua yang menandakan anak-anak Papua mampu bersaing. Menurut dia, RSUD Jayapura saat ini telah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan RS Harapan Kita melakukan Operasi Pasang Ring Jantung di Jayapura. Hal itu dibuktikan Senin 13 November 2017  akan digelar operasi pasang ring jantung pertama kali dengan 10 pasien yang sudah mendaftar.

"Saya imbau masyarakat Papua tidak perlu jauh-jauh melakukan Medical Check Up Jantung di Jakarta, cukup konsultasi di RSUD Jayapura,” kata Elia menambahkan.

Pemerintah Provinsi terus mendukung dengan cara berusaha pengadaan beberapa peralatan rumah sakit, maupun mendatangkan dokter spesialis.

Dokter Spesialis Bedah Konsultan, Donald Aronggear menyatakan sudah saatnya masyarakat menganggap RSUD Jayapura tipe A . “Saatnya berbicara soal bedah yang bisa dikerjakan di Jayapura, sama dengan yang dikerjakan oleh rumah sakit tipe A di daerah lain di Indonesia,” kata Donald .

Ia menjelaskan semua pelayanan bedah dilakukan secara terpadu, sehingga jika ada pasien perlu bedah tidak perlu dirujuk ke luar Papua.

"Kementerian kesehatan yang menetapkan ini, kriterianya adalah rumah sakit ini telah mendidik para dokter muda. Selain itu, tenaga pendidik yang ada di Fakultas Kedokteran Uncen terlibat untuk mendidik," kata Donald menjelaskan.

Menejemen rumah sakit berusaha menyiapkan Prodi spesialis bedah untuk meningkatkan layanan rumah sakit, terutama program pemerintah. (*)

loading...

Sebelumnya

Tak berprestasi di mapel, SMA Diaspora sukses di ekstrakurikuler

Selanjutnya

Masyarakat Korowai berharap tenaga medis menetap

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe