Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Koordinasi tingkat Distrik di Jayawijaya terhambat akses internet
  • Selasa, 31 Oktober 2017 — 16:06
  • 760x views

Koordinasi tingkat Distrik di Jayawijaya terhambat akses internet

Tercatat baru satu dari 40 Distrik yang punya terjangkau internet.
Illustrasi pemasangan internet di tingkat distrik-Jubi/Dok
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Koordinasi pemeirntahan tingkat Distrik di Kabupaten Jayawijaya masih terhambat akses internet. Tercatat baru satu dari 40 Distrik yang punya terjangkau internet.

“Belum adanya akses internet di tingkat distrik dan kampung telah  menghambat koordinasi antar pemerintahan,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya, Isak Sawaki, di kantor bupati Jayawijaya, Selasa (31/10/2017).

Menurut dia, hanya di Distrik Wamena yang terpasang jaringan internet, sedangkan organisasi pemerintah daerah (OPD0 hanya beberapa saja. “Kami harap nanti paling lambat tahun 2019 proyek palapa ring sudah bisa terpasang di seluruh wilayah Jayawijaya,” kata Isak Sawaki, menambahkan.

Saat ini pemerintah daerah Jayawijaya sedang mempersiapkan pembangunan menara internet dengan anggaran belanja tahun 2018. Keberadaan menara itu  tak hanya menghubungkan layanan internet antar distrik, namun beberapa kabupaten di wilayah pegunungan Papua, seperti Jayawijaya ke Nduga, Yalimo, Tolikara, Lanny Jaya, dan Puncak Jaya.

Menara itu dibangun di lima titik, masing-.masing di Distrik Trikora yang menghubungkan Jayawijaya dan Kabupaten Nduga. Lainya  dibangun Distrik Wamena, Kurulu, Itlay Hisage dan Wolo.

Isak mengaku keberadaan internet sangat dibutuhkan untuk menunjang penerapan era E-government.  Hal itu sangat penting dalam upaya pencegahan korupsi, sehingga monitoring kegiatan  distrik terutama terkait penggunaan dana desa mudah. “Bisa dimonitoring melalui internet tanpa KPK harus ke Jayawijaya," katanya.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo mengatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebijakan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan terintegrasi, akan tetap diupayakan.

“Termasuk keperluan akan kebutuhan internet di seluruh Jayawijaya, hal itu juga telah diprogramkan dinas terkait,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tim Saber Pungli bakal sosialisasi di Jayawijaya

Selanjutnya

Kematian warga Samenage dinyatakan bukan karena wabah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe